Warga Panti Selatan, Pasaman wakili Sumbar ikuti lomba TTGN Tingkat Nasional

id TTGN Tingkat Nasional ,berita pasaman,berita sumbar,panti selatan, Bupati H. Benny Utama,pemkab pasaman

Warga Panti Selatan, Pasaman wakili Sumbar ikuti lomba TTGN Tingkat Nasional

Yuhandi peraih lomba TTG tingkat Sumatera Barat bersama Bupati Pasaman Benny Utama (ANTARA/IST)

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Perjuangan Yuhandi, Amd warga Tanjung Medan Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman berhasil meraih Juara I dalam lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan dan Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Sumatera Barat sesuai SK Gubernur Mahyeldi nomor : 410-382-2023, Kamis (25/5).

Atas capaiannya ini Yuhandi mewakili Sumatera Barat lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan dan Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional.

Yuhandi yang hanya pernah menempuh perkuliahan dibagian perbankan, mampu menciptakan alat pengering Coklat di Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman.

Atas inovasinya, ia sukses menjadikan mesin oven pengering rempah seperti Pinang, coklat dan lainnya, hanya berbahan bakar oli bekas.

"Inovasi ini berawal dari pengalaman saat habis panen coklat, dan pinang yang mana harus tergantung pada cuaca yang cukup bagus. Kemudian muncul ide untuk membuat mesin oven pengering sendiri," ungkapnya.

Kedepan kata dia dengan alat ini dapat membantu petani untuk mengeringkan coklat, pinang dan lainnya.

"Sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat setempat yang saat ini banyak bergerak dibidang tanaman Coklat dan Pinang," katanya.

Sementara Bupati H. Benny Utama menyebutkan bahwa Pemerintah daerah sangat mengapresiasi inovasi yang telah di laksanakan oleh Yuhandi hingga bisa mengharumkan nama Pasaman tingkat Sumbar.

"Kita support dan doakan agar menang di Tingkat Nasional. Kedepan dengan adanya inovasi oven pengering serba guna ini dapat membantu petani di Pasaman," kata Benny Utama.

Pemerintah daerah kata dia mengucapkan terima kasih terhadap seluruh pihak yang telah berupaya sehingga dapat mewakili Sumatera barat di tingkat nasional untuk kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG).