Kemenag Sumbar ingatkan petugas beri perhatian khusus jamaah lansia

id Ibadah haji, haji sumbar, keberangkatan haji Sumbar,kemenag sumbar,haji sumbar,berita sumbar,berita padang,keberangkatan haji sumbar,BIM

Kemenag Sumbar ingatkan petugas beri perhatian khusus jamaah lansia

Kepala Kantor Kemenag Sumbar Helmi. (ANTARA/HO-Humas Kemenag Sumbar).

Padang (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengingatkan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk memberikan perhatian khusus kepada jamaah lanjut usia (lansia).

"Untuk tahun 2023 Sumatera Barat mendapatkan kuota haji sebanyak 4.613 orang, 1.200 di antaranya merupakan jamaah lansia. Ini butuh perhatian khusus dari petugas haji," kata Kepala Kantor Kemenag Sumbar Helmi di Padang, Rabu.

Helmi mengatakan para jamaah lansia tersebut ada yang butuh perhatian khusus dari petugas, dan ada yang tergolong bisa atau mandiri. Oleh karena itu, ia berpesan agar PPIH fokus memberikan pelayanan kepada jemaah lansia.

Apalagi, musim haji tahun ini tidak ada pendampingan bagi lansia sehingga petugaslah yang menjadi pendamping utama. Hal tersebut sesuai dengan tagline layanan haji Indonesia 2023 yakni Haji Ramah Lansia.

"Jangan beranggapan ada yang mengurus jamaah selain petugas. Layani mereka seperti kakak atau orang tua kita sendiri," kata dia.

Untuk Provinsi Sumbar, selain petugas kesehatan terdapat 24 petugas yang akan mendampingi jamaah haji asal Ranah Minang yang tergabung dalam 12 kelompok terbang serta ditambah sembilan PPIH Arab Saudi.

Khusus jamaah haji asal Sumbar dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada 5 Juni 2023 dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman.

Terpisah, Excutive General Manager PT Angkasa Pura II BIM Siswanto menyatakan kesiapan untuk memberangkatkan calon jamaah haji dari Sumbar maupun Provinsi Bengkulu.

"BIM memastikan kesiapan seluruh fasilitas dan layanan untuk menyambut jamaah haji serta mendukung penerbangan haji," kata dia.

Siswanto mengatakan untuk keberangkatan jamaah haji melalui BIM mulai dilakukan pada 5 hingga 22 Juni 2023. Penerbangan khusus jamaah haji akan didukung fasilitas sisi udara antara lain runway berdimensi 3.000 x 45 meter untuk operasional pesawat wide body.