Semarakkan bulan merdeka belajar, UPT Kemendikbudristek Sumbar jalan sehat bersama

id Jalan sehat, LLDikti, UNP, MBKM, Hardiknas

Semarakkan bulan merdeka belajar, UPT Kemendikbudristek Sumbar jalan sehat bersama

Jalan sehat bersama UPT Kemendikbudristek Provinsi Sumbar. (ANTARA/HO-LLDIKTI)

Padang (ANTARA) - LLDIKTI Wilayah X bersama Universitas Negeri Padang, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP), Balai Pelestarian Kebudayaan, Balai Bahasa, Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Sumatera Barat melaksanakan "Jalan Sehat" dalam rangka menyemarakkan kegiatan Bulan Merdeka Belajar memperingati Hardiknas, yang dimulai pukul 07.00 WIB, Minggu (14/5).

Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri saat melepas rombongan Jalan Sehat Merdeka Belajar mengatakan momentum bersejarah dari Hari Pendidikan Nasional menjadi kesempatan bagi kita semua untuk dapat menghidupkan kembali semangat dan mengilhami jasa-jasa pahlawan pendidikan, khususnya Ki Hajar Dewantara.

“Sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, yaitu “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, kami mengimbau segala unsur yang bersinggungan dengan dunia pendidikan Indonesia saling bersinergi menciptakan generasi masa depan bangsa yang berakhlak mulia, kompeten, berdedikasi, berjiwa nasionalis, serta cerdas, terutama dalam menghadapi arus dan perubahan dunia yang serba cepat saat ini,” ucap Prof. Ganefri.

Usai sambutan, Rektor UNP bersama Kepala LLDIKTI Wilayah X, Kepala BPK, Kepala Balai Bahasa, Kepala BGP Provinsi Sumatera Barat melepas Rombongan peserta Jalan Sehat Bulan Merdeka Belajar.

Peserta berjalan mulai dari Rektorat Universitas Negeri Padang dan mengambil rute Jalan Ulak Karang, Jalan Jhoni Anwar, Jalan Khatib Sulaiman hingga akhirnya sampai di kantor BBPMP Sumbar.

Tampak antusias bersama peserta Jalan Sehat Merdeka Belajar, Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma, Kepala BBPMP Muslihuddin, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Undri, dan Kepala Balai Guru Penggerak Sri Yulianti mengenakan kaos “Merdeka Belajar”.

Koordinator acara Kepala BBPMP Sumbar Muslihuddin mengatakan ini adalah kegiatan yang sangat besar dan bisa menggabungkan UPT di Sumatera Barat dalam memperingati Hardiknas tahun 2023.

“Terlihat sebanyak 3.000 ribu peserta memeriahkan Jalan Sehat yang turut diramaikan oleh Rektor Universitas Negeri Padang, Wakil Rektor, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan pegawai dari 5 UPT. Terima kasih kepada Kepala LLDIKTI Wilayah X, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan, Kepala Balai Bahasa, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat. Mari kita bangun kemitraan dan galang persatuan dan kesatuan menjadi terdepan untuk satuan pendidikan di Sumatera Barat,” kata Muslihuddin.

Pada kesempatan tersebut, Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma menyampaikan kolaborasi yang harmonis ini harus dilanjutkan pada kegiatan lain dalam membangun pendidikan yang berkualitas, khususnya implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Kami sangat bangga dan bersemangat dalam berpartisipasi memeriahkan peringatan Hardiknas 2023. Mari kita lanjutkan dengan berkolaborasi dalam kegitan lain dalam rangka memajukan pendidikan di Sumatera Barat khususnya untuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” kata Afdalisma.

Usai Jalan Sehat, di halaman kantor BBPMP beberapa perwakilan dosen, guru, dan mahasiswa menyampaikan testimoni tentang pengalaman pelaksanaan program Merdeka Belajar.

Merry Amrianti, Kepala Sekolah Penggerak dari SDN 26 Jati Utara menyampaikan praktik baik di sekolah. Ia mengatakan setiap murid dianjurkan dan dibiasakan untuk berwudu dari rumah dan di sekolah, siswa difasilitasi untuk melaksanakan salat duha.

Turut menyampaikan pengalamannya, Tri Susilawati Guru Penggerak dari SDN 05 Padang Pasir, Andre Guru Olahraga SD Plus Lillah, dan Riana dari SMPN 23.

Selanjutnya, Nanik Pratiwi guru SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Ia menyampaikan tentang Komunitas Pembelajar (Komunitas Guru Serumpun). Setiap guru berkolaborasi menciptakan pembelajaran yang berpihak kepada murid yang dilengkapi dengan Klinik Pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran.

Kemudian, tampil Dosen UPGRISBA Nilma Desri Rosya yang merupakan dosen pembimbing Kampus Mengajar selama 3 kali berturut-turut.

Berikutnya, perwakilan mahasiswa yang disampaikan oleh Rika Nofitri Wulandari dari Universitas PGRI Sumatera Barat (UPGRISBA).

Rika menceritakan berbagai pengalaman baik saat mengikuti Program MBKM, yaitu Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri Batch 1, di Universitas Negeri Surabaya.

Ia juga merupakan peserta Magang Bersertifikat Batch 2 dengan mitra Kementerian ATR/BPN, Direktorat Jenderal Tata Ruang, Dinas PUPR Kabupaten Aceh Utara dalam program “Inspiring” sebagai Tim Penyusun RDTR (Rencana Detail Tata Ruang). *