Pemkot Payakumbuh siapkan program pasar digital untuk tingkatkan promosi pedagang tradisional

id Pemkot Payakumbuh,Berita payakumbuh,Berita sumbar,Ikatan Pedagang Pasar Payakumbuh

Pemkot Payakumbuh siapkan program pasar digital untuk tingkatkan promosi pedagang tradisional

Pemerintah Kota Payakumbuh sedang melakukan pertemuan dengan perwakilan pedagang seperti Ikatan Pedagang Pasar Payakumbuh (IP3) dan Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKL) Payakumbuh serta pemangku kepentingan lainnya. Antara/HO-Pemkot Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat tengah menyiapkan program pasar digital yang diperuntukkan untuk pedagang pasar tradisional dalam mempromosikan produknya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda di Payakumbuh, Jumat mengatakan program pasar digital bertujuan agar para pedagang dapat memasarkan produk melalui daring.

"Sehingga hal ini juga bisa meningkatkan pendapatan para pedagang, karena berjualan secara konvensional saja akan membuat pedagang kita sulit bersaing di era digital saat ini " katanya.

Ia mengatakan hadirnya program pasar digital ini bukan untuk menggantikan Pasar Tradisional, namun dengan adanya pasar digital bisa memperluas promosi pedagang.

"Kita menyatukan komitmen pihak-pihak terkait dalam mendukung program pasar digital ini. Selaku kepala daerah kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah mendukung rencana pasar digital ini," kata dia.

Pemkot Payakumbuh telah melakukan pertemuan dengan perwakilan pedagang seperti Ikatan Pedagang Pasar Payakumbuh (IP3) dan Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKL) Payakumbuh.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM M. Faizal mengatakan agar bisa bersaing pasar tradisional di Kota Payakumbuh melakukan transformasi dalam bentuk promosi salah satunya dengan pasar digital.

"Pemerintah hanya sebagai fasilitator dan regulator saja, tinggal di pedagang apakah mau SDMnya ditingkatkan untuk mampu bersaing di era digital," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya nanti akan mendatangkan pelatih handal yang akan membina pedagang untuk memiliki kemampuan memasarkan produknya di pasar daring.

"Platformnya kita upayakan yang terbaik, bisa diakses cepat, dan tentunya menjunjung tinggi keterbukaan informasi publik," ujarnya.