Disdukcapil Agam terbitkan ratusan administrasi kependudukan selama Lebaran

id Disdukcapil Agam .,Pemkab agam,Berita sumbar

Disdukcapil Agam terbitkan ratusan administrasi kependudukan selama Lebaran

Kepala Disdukcapil Agam, Helton. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menerbitkan sebanyak 113 lembar administrasi kependudukan selama Idul Fitri 1444 Hijriah dengan inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Khusus Ari Rayo (PAK KAYO).

"Pelayanan PAK KAYO itu kita buka selama lima hari dimulai pada 19, 20, 21, 24 dan 25 April 2023," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam, Helton di Lubukbasung, Minggu.

Ia mengatakan, ke 113 lembar administrasi kependudukan tersebut berupa rekam KTP delapan orang, cetak KTP 48 lembar, Kartu Identitas Anak (KIA) empat lembar, kartu keluarga 32 lembar, akte kelahiran sembilan lembar dan lainnya.

Pelayanan itu dilakukan di dua lokasi yakni, Kantor Disdukcapil Agam di Padang Baru, Kecamatan Lubukbasung dan Kantor Pelayanan Bersama Agam di Belakang Balok, Kota Bukittinggi.

"Kita mengerahkan empat orang petugas setiap hari dalam melayani masyarakat untuk pengurusan administrasi kependudukan tersebut," katanya.

Ia menambahkan, pelayanan itu khusus dibuka untuk para perantau dalam mendapatkan administrasi kependudukan berupa KTP, kartu keluarga, surat pindah dan lainnya saat berada di kampung.

Pelayanan tidak saja bagi perantau, namun juga untuk masyarakat yang membutuhkan administrasi kependudukan.

Pelayanan ini setiap tahun dibuka untuk membantu para perantau saat mudi ke kampung halamannya.

"Ini salah untuk membangun para perantau dalam pengurusan administrasi kependudukan saat berada di kampung halaman," katanya.

Disdukcapil Agam, tambahnya, juga melakukan layanan jemput bola ke nagari, kecamatan, sekolah dan lainnya, sehingga masyarakat sangat terbantu.

"Pelayanan tersebut tidak dipungut biaya dan masyarakat cukup melengkapi persyaratan yang dibutuhkan," katanya.