Buka Mubes Nagari, Bupati Eka Putra harapkan sinkronisasi Program Pemda dengan Program Nagari

id Bupati tanah datar,Berita tanah datar,berita sumbar

Buka Mubes Nagari, Bupati Eka Putra harapkan sinkronisasi Program Pemda dengan Program Nagari

Buka Mubes Nagari Padang Magek,Bupati Eka Putra harapkan sinkronisasi Program Pemda dengan Program Nagari

Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Datar Eka Putra, membuka Musyawarah Besar (Mubes) Nagari Padang Magek, yang digelar di Komplek Sekolah Dasar (SD) Negeri 11, Rabu (26/4).

Mubes itu diselenggarakan selama dua hari, dimulai dari tanggal 26 dan 27 April 2023, dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat termasuk perantau Padang Magek.

Tujuan Mubes tersebut sebagai wadah menampung aspirasi masyarakat Padang Magek untuk dijadikan Peraturan Nagari (Pernag), yang tentunya sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Datar.

Bupati Eka Putra mengatakan peran aktif perantau di Mubes mencerminkan rasa cintanya kepada kampung halaman untuk membangun tempat kelahirannya.

“Kegiatan ini juga menunjukan kekompakan masyarakat baik di ranah maupun di rantau dalam membangun nagari. Harapannya, kegiatan Mubes nagari Padang Magek dapat ditiru nagari lainnya di Luhak Nan Tuo ini,” ujarnya.

“Sinkronisasi program pemerintah kabupaten dan pemerintah nagari perlu menjadi perhatian, semoga apa yang dihasilkan dari Mubes ini, memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat Padang Magek khususnya dan Tanah Datar umumnya,” ujarnya.

Selepas itu, Bupati Eka Putra mengiringi Mubes nagari Padang Magek dengan peletakan Batu Pertama pembangunan bedah rumah yang diinisiasi perantau, di Jorong Guguak Gadang, Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan.

“Pemda Tanah Datar mengapresiasi kegiatan yang dilakukan perantau Padang Magek. Mudah-mudahan kegiatan ini terus terlaksana secara konsisten,” ujarnya.

Wali Nagari Padang Magek Syafril Jamal mengatakan Mubes nagari Padang Magek diikuti sebanyak 120 masyarakat terdiri dari perantau, ninik mamak, pemuda dan tokoh masyarakat lainnya.

“Setiap tahunnya, Bedah Rumah dilakukan tokoh perantau, sekarang satu Jorong, satu Bedah Rumah. Kedepannya, satu Jorong, dua sampai lima Bedah Rumah, mari semua didoakan,” ujarnya.

Ketua Ikatan Perantau Padang Magek (IKPM) Jabodetabek H. Maidasril mengatakan program -program yang digagas perantau tidak lepas dukungan Pemda Tanah Datar sehingga berjalan dengan lancar.

Turut hadir pada saat itu, Bupati Tanah Datar Periode 2005-2015 M. Shadiq Pasadigoe, Camat Rambatan Roza Melfita, niniak mamak, bundo kanduang dan tokoh masyarakat lainnya.