Puncak arus balik Lebaran 2023 di Pasaman Barat diperkirakan Sabtu

id Arus balik lebaran

Puncak arus balik Lebaran 2023 di Pasaman Barat diperkirakan Sabtu

Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumbar (BPJN-Sumbar) memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 di Pasaman Barat, Sumatera Barat terjadi pada Sabtu (29/4/2023) dan Ahad (30/4/2023). 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumbar (BPJN-Sumbar) memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, terjadi pada Sabtu (29/4) dan Ahad (30/4).

"Saat ini arus balik dalam kondisi ramai lancar. Belum ada terjadi penumpukan arus balik keluar Pasaman Barat," kata Penanggung jawab posko BPJN Sumbar di Batang Timah Helmi Noviardi, Rabu.

Ia mengatakan meskipun masa libur lebaran telah usai, namun kemungkinan puncak arus balik baru terjadi Sabtu dan Ahad.

"Apalagi sudah ada instruksi cuti bisa diperpanjang. Kemungkinan pemudik banyak balik pada Sabtu dan Ahad untuk menghindari kemacetan," katanya.

Pihaknya siap melayani arus balik dengan mendirikan posko BPJN sebelum Lebaran 2023. Pihaknya siap siaga memberikan kenyamanan kepada para pengendara yang melakukan perjalanan.

"Kita akan siagakan dua orang personil setiap harinya untuk melayani perantau yang ingin balik ke perantauan. Saat mudik kemarin banyak juga perantau yang singgah di pos untuk beristirahat," ujarnya.

Posko tersebut bisa dimanfaatkan untuk pemudik yang ingin beristirahat untuk melepaskan lelah karena sudah melakukan perjalanan jauh. Anggota di lapangan, siap melayani pengendara yang mau istirahat.

"Kita akan berikan yang terbaik bagi warga. Baik kenyamanan dalam perjalanan, maupun tempat istirahat melepas lelah,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya posko Lebaran ini para pengendara dapat istirahat sejenak di rest area yang tersedia.

Kemudian juga sebagai pusat informasi kesiagaan jika terjadi hal hal yang mungkin saja terjadi seperti kecelakaan, maupun longsor yang mengakibatkan terganggunya arus mudik dan balik.

"Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengendara. Bagi pemudik atau supir yang kelelahan bisa mampir dan istirahat," katanya.

Posko lebaran ini, katanya, dibuat senyaman mungkin dengan fasilitas yang lengkap.

Di posko itu disediakan kursi, meja, portabel atau WC portabel, tempat cuci tangan, tong atau tempat buat sampah dan tempat tiduran yang bisa menjadi tempat istirahat sejenak.

"Kira ingin pemudik yang balik aman berkesan selama melakukan perjalanan dan menikmati libur lebaran," ujarnya.

Pihaknya juga bisa bekerjasama dengan pihak terkait lainnya seperti Kepolisian, Dinas Perhubungan, BPBD, maupun instansi terkait lainnya dalam rangka pelayanan pemudik yang ingin balik ke perantauan.

"Saat ini sudah ramai lancar. Kemungkinan hari Sabtu atau Ahad, diharapkan pemudik yang balik tetap hati-hati dalam berkendaraan," harapnya.*