Rusma Yul Anwar minta masyarakat menghargai perbedaan perayaan Idul Fitri 1444 H

id berita pessel,bupati pessel,berita sumbar

Rusma Yul Anwar  minta masyarakat menghargai perbedaan perayaan Idul Fitri 1444 H

​​​​​​​Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar. (Antara/Teddy Setiawan)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar meminta agar masyarakat tidak perlu resah dan memperdebatkan adanya perbedaan penetapan 1 Syawal 1444 H.

“Saya minta kepada seluruh masyarakat untuk menyikapi perbedaan itu dengan baik. Tidak usah dibesar-besarkan karena perbedaan tersebut bukanlah hal yang pertama kali terjadi,” kata Bupati di Painan. Kamis (20/04)

Ia mengharapkan kepada masyarakat Pesisir Selatan untuk bisa tetap saling toleransi dan menjaga kondusivitas di tengah perbedaan tersebut.

“Bagi masyarakat yang ingin merayakan lebaran besok silahkan, dan yang ingin merayakan lebaran pada hari Sabtu tanggal 22 April juga kami persilahkan. Jangan ada yang merasa dirinya paling benar”ujarnya.

Pihaknya berharap, perbedaan hari raya ini tidak mengganggu kesakralan momentum lebaran Idul Fitri itu sendiri yaitu menjadi momentum bersama untuk memperkuat ikatan silaturahmi dan saling bermaaf-maafan.

Diketuhui, Kementerian Agama Republik Indonesia telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu 22 April 2023 berdasarkan rukyat.

Disisi lain, sebagian umat muslim yang menggunakan metode hisab juga telah menetapkan 1 Syawal pada Jumat (besok) 21 April 2023