Dishub Pasaman Barat periksa kelaikan angkutan mudik Lebaran

id Uji kelaikan kendaraan mudik

Dishub Pasaman Barat periksa kelaikan angkutan mudik Lebaran

Dinas Perhubungan Pasaman Barat saat memasang garis pengaman pada lokasi jalan yang mengalami terban pada ruas jalan Simpang Empat-Talu untuk kelancaran arus mudik lebaran 2023. 

Simpang Empat, - (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat akan melakukan pemeriksaan kelaikan angkutan mudik Lebaran 2023 sebanyak dua tahap untuk memastikan kondisi angkutan mudik Lebaran layak beroperasi.

"Pemeriksaan kelengkapan keselamatan kendaraan umum atau ramp check tahap pertama akan dilakukan pada 6 dan 7 Maret di Terminal Simpang Empat dan pemeriksaan tahap kedua H-12 Lebaran," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Pasaman Barat Ade Putra di Simpang Empat, Selasa.

Menurutnya selain memastikan kelaikan beroperasi pemeriksaan itu juga bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas atau lakalantas.

Pada saat dilakukan ramp check, kendaraan akan diperiksa satu persatu kelengkapan keselamatannya.

Mulai dari kelengkapan teknis sampai kelengkapan secara administrasi kendaraan itu.

Ia menyebutkan pemeriksaaan kelaikan kendaraan akan di dicek mulai dari kondisi ban, lampu sein, kepakamam rem, racun api hingga kotak P3K serta kelengkapan surat-surat kendaraan.

"Kalau ada yang tidak lengkap maka tidak diizinkan untuk beroperasi. Harus dilengkapi terlebih dahulu," tegasnya.

Dalam persiapan lebaran, pihaknya juga telah melakukan inspeksi keselamatan jalan pada ruas jalan Simpang Empat-Talu dengan memasang garis pengaman pada lokasi jalan yang mengalami terban.

Untuk pendirian posko pengamanan belum final karena akan dirapatkan dengan pihak terkait lainnya seperti dari pihak kepolisian.

"Kemungkinan ada lima posko seperti tahun lalu namun tentu akan dirapatkan dahulu dengan pihak terkait," katanya.