Masuk 10 besar, Pemkot Payakumbuh terus matangkan persiapan penilaian PPD nasional

id Pemkot Payakumbuh,berita payakumbuh,berita sumbar

Masuk 10 besar, Pemkot Payakumbuh terus matangkan persiapan penilaian PPD nasional

Pj Wako Payakumbuh Rida Ananda saat menerima penghargaan pembangunan daerah di Provinsi Sumatera Barat. Antara/HO-Pemkot Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Setelah dinyatakan masuk ke dalam 10 besar, Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat terus mematangkan persiapan untuk penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat nasional.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda di Payakumbuh, Kamis, mengatakan Kota Payakumbuh dinyatakan masuk ke dalam 10 besar setelah melakukan presentasi dan wawancara dengan Tim Kementerian PPN/Bappenas.

"PPD merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan Kementerian PPN/Bappenas. Pada tahap kedua 14 Maret 2023, Kita telah mempresentasikan program unggulan yang ada di Kota Payakumbuh," ujarnya.

Ia mengatakan setelah masuk dalam sepuluh besar, penilaian untuk Kota Payakumbuh lanjut ke tahap ketiga yakni verifikasi lapangan.

"Diharapkan dengan pertemuan kita kali ini, kita dapat berkoordinasi dan OPD terkait mempersiapkan baik bahan dan persiapan penilaian lapangan, objek yang ditinjau dan paparan program," ujarnya.

Disampaikannya aspek capaian yang akan dinilai pada tahap ketiga, yakni pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka dan jumlah penganggur, kemiskinan, indeks pembangunan manusia, ketimpangan antar kelompok pendapatan.

"Pelayanan publik, keamanan dan ketertiban, pengelolaan keuangan, transparansi dan akuntabilitas, capaian pembangunan fisik," ujarnya.

Ia mengatakan penilaian PPD ini mengevaluasi empat hal, yakni pencapaian pembangunan dengan bobot penilaian 30 persen, kualitas dokumen perencanaan dengan bobot 30 persen.

Proses penyusunan dokumen perencanaan bobot 20 persen dan inovasi daerah dengan bobot penilaian 20 persen dengan aspek 9 kriteria dan 22 indikator pengukuran kinerja pembangunan daerah secara Nasional.

"Kita sudah sukses melalui 2 tahapan di tingkat nasional. Kita akan persiapkan segala sesuatunya untuk penilaian tahap akhir, semoga sukses juga melalui tahapan yang terakhir dan membawa piala yang tentunya mengharumkan nama Provinsi Sumatera Barat dan Kota Payakumbuh di kancah nasional," ujarnya.