KPU Pasaman Barat minta masyarakat pastikan masuk data Pemilu 2024

id Pastikan data pemilih Pemilu 2024

KPU Pasaman Barat minta masyarakat pastikan masuk data Pemilu 2024

Ketua KPU Pasaman Barat Alharis. (ANTARA)

Simpang Empat, - (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat meminta kepada masyarakat agar melakukan pengecekan di website infopemilu.kpu.go.id apakah sudah dimasukkan dalam pendataan pencocokan dan penelitian.

"Pencocokan dan penelitian data pemilih telah selesai. Jadi diharapkan masyarakat untuk mengeceknya agar nanti saat keluar daftar pemilih sementara, mereka yang sudah memiliki hal memilih sudah masuk. Cukup dengan memasukkan nomor induk kependudukan, " kata Ketua KPU Pasaman Barat Alharis di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan peran aktif masyarakat dan partai politik yang memiliki simpatisan sangat diharapkan dalam pendataan pemilih untuk Pemilu 2024.

"Partai politik melalui para kadernya tentu memiliki pendukung. Jadi pastikan mereka masuk dalam daftar pemilih nantinya," katanya.

Menurutnya saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan KPU pusat mengenai daftar pemilih sementara nantinya. Kemungkinan daftar pemilih sementara sesuai jadwal akan ditetapkan awal bulan depan.

Pihaknya sebelumnya telah menuntaskan pelaksanaan pencocokan dan penelitian terhadap 307.586 orang pemilih untuk Pemilu 2024.

"Keseluruhan data yang dicocokkan dan diteliti oleh petugas ini juga telah diunggah ke dalam sistem informasi data pemilih (sidalih)," katanya.

Nanti data tersebut diusulkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024 dan kondisinya akan terus berkembang, karena akan masih ada perbaikan data yang menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Ia juga mengingatkan masyarakat apabila ada perubahan data dan bagi yang tidak memenuhi syarat (tms) untuk segera melaporkan diri.

"Sehingga dapat ditindaklanjuti karena perbaikan data pemilih akan terus berlangsung, sebelum menjadi daftar pemilih tetap (dpt)) nantinya," katanya.

Ia menambahkan masyarakat yang sudah dicocokkan dan diteliti dapat melihat langsung data mereka di website infopemilu.kpu.go.id dengan memasukkan nomor induk kependudukan.