Pemko Bukittinggi targetkan Tabungan Utsman tersalurkan Rp10 miliar

id Target penyaluran tabungan Utsman

Pemko Bukittinggi targetkan Tabungan Utsman tersalurkan Rp10 miliar

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dalam salah satu kegiatan bersama masyarakat. Ia menegaskan target program Tabungan Utsman tercapai hingga Rp 10 miliar sebelum Lebaran Idul Fitri. 

Bukittimggi, - (ANTARA) - Pemerintah Kota Kota Bukittinggi, Sumatera Barat menargetkan bantuan masyarakat berupa program Tabungan Utsman tersalurkan hingga Rp 10 miliar menjelang lebaran Idul Fitri.

"Satu tahun, Tabungan Utsman sudah dimanfaatkan 2.747 UKM dan Rp 8,8 miliar telah disalurkan ke UMKM, target kami Rp10 miliar menjelang lebaran tersalurkan," kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Selasa.

Ia mengatakan Tabungan Utsman telah menjadi program unggulan bagi Kota Bukittinggi.

"Apalagi masuk tahun 2023 dimana dalam satu tahun perjalanannya, tercatat realisasi Tabungan Utsman mencapai Rp21,898 miliar untuk 2.747 UKM," katanya.

Ia menyebutkan Tabungan Utsman hingga Maret 2023 sudah dinikmati oleh 2.747 nasabah.

"Dari pembiayaan perdana 2023, tanggal 20 Januari hingga 21 Maret 2023, jelang Ramadhan 1.444 Hijriah tercatat 998 nasabah Tabungan Utsman dengan jumlah plafon Rp 8,8 miliar lebih," katanya.

Ia menegaskan masyarakat dapat memanfaatkan pembiayaan secara syariah itu sesuai persyaratan.

"Tidak ada bunga dan agunan, nasabah hanya membayar atau mencicil pinjaman pokok saja, dengan sistem menabung," katanya.

"Program ini diinisiasi untuk mengupayakan bagaimana ekonomi masyarakat meningkat, terutama saat puasa ini dan terutama bebas dari jeratan rentenir," ujarnya.

Pemerintah Kota Bukittinggi dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 juga menetapkan program sosial yang berkelanjutan bagi masyarakat.

"Tahun 2024 nanti, kita akan tetap lanjutkan program bantuan sosial, Tabungan Utsman, uang komite, jaminan kesehatan, satu rumah satu sarjana, rumah tahfiz, muatan lokal dan program keislaman," sebutnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemko Bukittinggi targetkan Tabungan Utsman tersalurkan Rp10 miliar