BBPOM Padang periksa jualan pedagang di "Pasar Pabukoan"

id bbpom padang,pasa pabukoan,uji sampel makanan

BBPOM Padang periksa jualan pedagang di "Pasar Pabukoan"

Petugas memeriksa sampel makanan dari pedagang di Pasa Pabukoan di kawasan RTH Imam Bonjol Padang, Jumat (24/3). (ANTARA/Fathul Abdi)

Padang, (ANTARA) - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memeriksa makanan dan minuman yang dijajakan di "Pasa Pabukoan" kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, pada Jumat sore.

Untuk diketahui "Pasa Pabukoan" di kawasan RTH Imam Bonjol Padang merupakan sentra para pedagang yang menjual berbagai menu makanan serta untuk berbuka puasa setiap harinya.

"Hari ini kami melakukan uji sampel secara acak terhadap makanan atau minuman yang dijual oleh pedagang di kawasan RTH Imam Bonjol Padang," kata Kepala BBPOM Padang Abdul Rahim di Padang, Jumat.

Ia mengatakan belasan sampel makanan dan minuman tersebut diambil secara langsung oleh petugas di lokasi, dan langsung diuji serta diperiksa di mobil Laboratorium keliling milik BBPOM Padang.

Ia menjelaskan beberapa bahan berbahaya yang diantisipasi oleh pihaknya seperti penggunaan pewarna tekstil seperti rodhamin b dan metanil yellow, kemudian boraks serta formalin.

"Alhamdulillah hasilnya negatif, tidak ditemukan makanan atau minuman yang mengandung zat atau bahan berbahaya di Pasa Pabukoan RTH Imam Bonjol," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut BBPOM Padang juga terus mengimbau kepada para pedagang agar tidak berbuat curang dengan menggunakan bahan-bahan berbahaya dalam dagangannya.

Pengawasan tersebut tidak hanya berfokus pada RTH Imam Bonjol Padang, namun juga pedagang lainnya lokasi lain di kota setempat yang menjual berbagai menu untuk berbuka puasa.

"Pengawasan serta pemantauan akan terus kami lakukan secara berkelanjutan dari BBPOM Padang, hindari penggunaan barang berbahaya untuk makanan atau minuman," katanya.

Ia juga mengajak kepada para pedagang agar terus membuat makanan atau minuman dengan bahan baku yang baik dan aman, diolah secara bersih, dan senantiasa menjaga higienitas tempat berdagang.

"Tujuan pengawasan yang kami lakukan ini dalam rangka memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh masyarakat saat berbuka puasa adalah makanan yang baik," jelasnya.

Pad bagian lain, Pasa Pabukoan di kawasan RTH Imam Bonjol merupakan sentra pedagang yang ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk mencari menu berbuka puasa.

Pada lokasi tersebut terdapat berbagai jenis makanan serta minuman seperti es rumput laut, cendol, lopis, berbagai jenis lauk, varian mi, hingga makanan tradisional Minangkabau seperti Lamang.