Rutan Padang beri pemeriksaan kesehatan gratis bagi WBP-masyarakat

id rutan padang,Hari Bhakti Pemasyarakatan,kota padang

Rutan Padang beri pemeriksaan kesehatan gratis bagi WBP-masyarakat

Pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan Rutan Padang dalam rangka peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan, Senin (13/3). (ANTARA/FathulAbdi)

Padang, (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara Kelas II B Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan warga sekitaran Rutan setempat pada Senin (13/3).

Kegiatan tersebut digelar oleh Rutan Padang dalam rangkaian acara untuk memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 pada 2023.

"Hari ini kami menggelar pemeriksaan kesehatan gratis yang ditujukan bagi narapidana atau tahanan di Rutan Padang, serta warga yang tinggal di sekitar Rutan," kata Kepala Rutan Padang Muhammad Mehdi usai kegiatan di Padang.

Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan yang digelar di Kantor Rutan Padang Anak Air tersebut meliputi pengecekan tensi serta gula darah.

Kegiatan dimulai sejak Senin pagi dengan sasaran para tahanan atau narapidana hingga siang, kemudian dilanjutkan untuk warga masyarakat hingga sore sekitar pukul 15.00 WIB.

"Untuk WBP pemeriksaan dilakukan di dalam lingkungan Rutan, sedangkan untuk warga kami bentuk stan khusus di depan kantor," jelasnya.

Mehdi mengatakan tenaga medis yang yang memberikan pelayanan kesehatan pada kegiatan tersebut adalah tenaga medis milik Rutan Padang.

Terdiri dari dua orang dokter yakni dr Indah Anggraini, dr Janatus Indra dibantu oleh dua orang perawat.

Dari kegiatan yang digelar sejak pagi hingga sore tersebut puluhan WBP serta warga tampak antusiasme mengakses layanan pemeriksaan kesehatan.

Rutan Padang berharap kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut bisa bermanfaat bagi para WBP dan warga yang memeriksakan kesehatannya.

"Lewat pemeriksaan kesehatan ini warga bisa mengetahui kondisi kesehatan dirinya, serta mengetahui apa tindakan yang akan diambil jika memang butuh penanganan lebih lanjut," jelasnya.

Pada bagian lain, dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Rutan Padang juga telah menggelar sejumlah pertandingan olahraga yang melibatkan WBP serta pegawai.