Liga Spanyol, Barcelona kalahkan Valencia dengan skor tipis 1-0

id Barcelona,Valencia,Liga Spanyol,LaLiga,Raphinha

Liga Spanyol, Barcelona kalahkan Valencia dengan skor tipis 1-0

Selebrasi Raphinha (tengah) setelah mencetak gol untuk Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol lawan Valencia di Spotify Camp Nou pada 4 Maret 2023. ANTARA/AFP/JOSEP LAGO

Jakarta, (ANTARA) - Sepuluh pemain Barcelona berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 saat menjamu Valencia dalam matchday pekan ke-24 Liga Spanyol di Spotify Camp Nou pada Minggu malam (05/3) WIB.

Satu-satunya gol dalam pertandingan ini dicetak oleh Raphinha di babak pertama. Sedangkan Barca harus bermain dengan 10 orang setelah Ronald Araujo mendapatkan kartu merah langsung.

Kemenangan ini membuat Barcelona kukuh di puncak klasemen dengan raihan 62 poin, unggul 10 angka dari Real Madrid di peringkat kedua yang baru akan menghadapi Real Betis pada Senin pukul 03.00 dini hari WIB.

Sementara itu, Valencia tetap berada di zona degradasi atau peringkat ke-19 dengan torehan 23 poin dari 24. Mereka memiliki poin yang sama dengan Sevilla di tempat ke-17 atau satu tempat di atas zona degradasi, demikian catatan laman resmi LaLiga.

Barcelona berhasil membuka keunggulan saat pertandingan berjalan 15 menit. Sergio Busquet dengan jeli melihat pergerakan Raphinha dan melepaskan umpan lambung yang dituntaskan penyerang Brasil itu dengan sundulan hingga membuat skor menjadi 1-0.

Tim tuan rumah mengancam pada menit ke-23. Alejandro menusuk di sayap kiri dan mengirimkan umpan ke tengah yang diterima Raphinha sebelum melepaskan sepakan melengkung. Namun, arah bola masih melebar dari gawang Valencia.

Valencia mencoba membalas pada menit ke-34. Jesus Vazquez melepaskan umpan silang dari sisi kiri dan diteruskan dengan sundulan oleh Thierry Correia. Meski berdiri bebas, Correia gagal mengarahkan bola ke gawang.

Tim tamu hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-39. Bermulaa dari kesalahan Ferran yang memberikan bola ke kiper Marc-Andre ter Stegen.

Ter Stegen gagal mengoper bola ke Jules Kounde. Bola justru berhasil dikuasai Samuel Lino, tetapi tendangannya justru melambung tinggi di atas gawang.

Tidak ada gol tambahan hingga babak pertama berakhir. Barcelona masih unggul 1-0.

Selepas jeda, Barcelona mendapat peluang emas untuk menambah keunggulan usai mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-53 karena pemain Valencia melakukan handball di kotak terlarang.

Ferran Torres maju sebagai eksekutor, tetapi tendangannya ke sebelah kiri hanya mengenai tiang sebelum keluar lapangan. Skor tetap 1-0.

Tak lama kemudian, tendangan Ansu Fati di sisi kanan mengenai tiang gawang.

Usai dua peluang itu, Barcelona justru harus bermain dengan sepuluh orang setelah Ronald Araujo mendapatkan kartu merah langsung karena mencoba menghentikan pergerakan Hugo Duro.

Valencia sempat meminta tendangan penalti pada menit ke-85 setelah Kessie dinilai menjatuhkan Perez di kotak penalti. Namun, wasit menganggap tidak ada pelanggaran.

Meski bermain dengan 10 pemain, Barcelona beberapa kali dapat menciptakan peluang. Sedangkan Valencia kesulitan menembus rapatnya pertahan tim tuan rumah.

Barcelona berhasil menjaga keunggulan 1-0 mereka hingga pertandingan berakhir.

Susunan pemain

Barcelona (4-3-3):
Marc-Andre ter Stegen; Ronald Araujo, Jules Kounde, Andreas Christensen, Alejandro Balde; Sergi Roberto (Eric Garcia 81'), Sergio Busquets, Frenkie de Jong (Kessie 46'); Raphinha (Alarcon 87'), Ferran Torres, Ansu Fati (Alonso 61')

Valencia (4-5-1): Giorgi Mamardashvili; Thierry Correia (Castillejo 62'), Eray Comert (Diakhaby 55'), Cenk Ozkacar, Jesus Vazquez; Dimitri Foulquier, Hugo Guillamon, Ilaix Moriba (Fran Perez 62'); Andre Almeida (Musah 78'), Hugo Duro, Samuel Lino (Kluivert 78')