Bupati Rusma Yul Anwar minta Duta Genre berperan tekan pernikahan dini

id pakistan,explosion,PCEC,Balochistan

Bupati Rusma Yul Anwar minta Duta Genre berperan tekan pernikahan dini

Bupati saat menghadiri pemilihan Duta Genre Pesisir Selatan 2023 di Aula Bappeda setempat, Minggu (26/02). (ANTARA/HO-DOK Humas)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat Rusma Yul Anwar meminta duta Generasi Berencana (Genre) untuk ikut berperan aktif dalam menyosialisasikan program mengatasi permasalahan pernikahan dini.

"Peran duta genre sangatlah penting karena duta genre bisa memotivasi teman mereka untuk dapat membuat rencana dalam hidupnya untuk mencapai masa depan yang lebih baik," kata bupati saat menghadiri pemilihan Duta Genre Pesisir Selatan 2023 di Aula Bappeda setempat, Minggu (26/02).

Genre imbuh dia, singkatan "Generasi Yang Punya Rencana" yang diluncurkan oleh pemerintah dengan tujuan agar remaja menghindari adanya seks bebas, menjauhkan diri dari narkoba, dan jauh dari HIV/AIDS.

"Jadi duta Genre diharapkan dapat menekan maraknya permasalahan remaja, yang paling menonjol saat ini permasalahan seputar seksualitas dan narkoba," katanya.

Kemudian masih rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan perkawinan dini masih menimpa remaja, sehingga peran duta Genre perlu terus digiatkan.

Bupati mengatakan pembinaan ketahanan remaja melalui Genre merupakan salah satu upaya dalam rangka percepatan penurunan stunting melalui penghapusan perkawinan anak dan kehamilan pada remaja.

Karena itu Bupati menyambut baik kegiatan pemilihan Duta Genre ini, karena merupakan kegiatan yang positif dan bermanfaat.

Kegiatan ini sangat bermanfaat dan strategis bagi remaja karena mereka adalah penerus bangsa, sebagaimana yang telah pemerintah lakukan untuk terus menyiapkan para generasi-generasi berkualitas menuju Indonesia Emas pada 2045.

“Tadi kita perhatikan bahwa mereka ini memiliki potensi yang besar untuk masa depan daerah dan masa depan negara sebagai estafet. Tugas kita adalah menyiapkan generasi berkualitas,” katanya. (*)