Pasaman Barat bantu korban gempa bumi Cianjur

id Bantuan gempa Cianjur,pasaman barat

Pasaman Barat bantu korban gempa bumi Cianjur

Bupati Pasaman Barat, Sumbar, Hamsuardi (peci putih) saat menyerahkan bantuan kepada korban gempa bumi kepada Pemkab Cianjur, Sabtu (25/2/2023).  FOTO ANTARA/HO-Pemkab Pasaman Barat.  

Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) -

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menyerahkan bantuan berupa uang tunai senilai Rp80.320.000 kepada korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat untuk meringankan beban mereka yang terdampak.

"Bantuan itu langsung kita antar ke Cianjur dan kita serahkan ke Pemkab Cianjur yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Cianjur Cecep Alamsyah," kata Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi di Simpang Empat, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan oleh Pemkab Pasbar kepada warga Cianjur berasal dari sumbangan ASN se-Kabupaten Pasaman Barat dan Rp 1 juta dari PHI Kecamatan Luhak Nan Duo Pasbar.

Menurutnya bantuan itu merupakan bentuk kepedulian masyarakat Pasaman Barat karena juga merasakan apa yang dirasakan oleh masyarakat Cianjur.

"Kami lebih dulu dilanda musibah yang sama pada Februari 2022 yang lalu. Jangan lihat nilainya tetapi lihatlah rasa kepedulian kami," katanya.

Ia mengatakan rasa trauma dan stress setelah bencana itu juga dirasakan masyarakat Pasaman Barat karena kehilangan harta benda bahkan nyawa anggota keluarga merupakan masalah yang dihadapi oleh korban bencana.

"Salah satu cara yang bisa kami lakukan untuk mengurangi beban itu adalah dengan menunjukkan kepedulian kami kepada masyarakat Cianjur," ujarnya.

Rasa kepedulian ini, katanya, bisa dilakukan apabila ada rasa persahabatan dan kepedulian terhadap sesama. Oleh karenanya ia berharap perlu menjaga silaturrahmi agar persahabatan terus terbina.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu dan mengurangi beban masyarakat Cianjur yang terkena bencana," harapnya.

Sementara itu, katanya, Badan Amil Zakat Nasional Pasaman Barat juga menyerahkan bantuan kepada 10 kepala keluarga warga Cianjur asal Pasbar yang terdampak gempa bumi Cianjur senilai Rp 10 juta.

Bantuan diserahkan oleh Ketua Baznas Pasaman Barat yang diwakili oleh Muhammad Jamil kepada 10 kepala keluarga yang terdampak bencana tersebut.