Polres Pasaman Barat catat 14 kecelakaan terjadi selama Operasi Keselamatan

id Pasaman Barat,Sumbar,Padang

Polres Pasaman Barat catat 14 kecelakaan terjadi selama Operasi Keselamatan

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki saat membagikan helm gratis kepada pengendara dalam Operasi Keselamatan Singgalang 2023 dalam upaya kampanye tertib berlalu lintas. (ANTARA/Altas Maulana)

Padang (ANTARA) -

Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat mencatat terjadi 14 kecelakaan lalu lintas terjadi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat sejak Operasi Keselamatan Singgalang 2023 yang dimulai 7 Februari lalu.

"14 kecelakaan itu terjadi sejak 7 Februari sampai hari ini. Dari 14 itu meninggal dunia satu orang, luka berat satu orang dan luka ringan 14 orang," kata Kepala Satuan Lalu Lintas AKP Yuliadi di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan kecelakaan lalu lintas itu didominasi oleh kendaraan roda dua dengan kerugian material Rp18.500.000.

"Angka kecelakaan di Pasaman Barat cukup tinggi dan menjadi perhatian khusus bagi kami. Salah satu upayanya adalah bagaimana masyarakat dapat mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan memakai kelengkapan berkendaraan seperti pakai helm," katanya

Saat ini Polres Pasaman Barat sedang membagikan 1.000 helm gratis bagi masyarakat untuk melindungi kepala pengendara akibat kecelakaan.

Pembagian helm secara gratis kepada para pengendara sepeda motor di sejumlah titik rawan terjadinya kecelakaan fatal.

"Kegiatan ini sudah lima kali dilaksanakan, sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan para pengendara khususnya sepeda motor saat melintas di jalan raya," katanya.

Menurutnya pembagian helm telah dilakukan di Bundaran Simpang Empat Kecamatan Pasaman, Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas, Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang, depan SMA N 1 Gunung Tuleh, Kecamatan Gunung Tuleh dan di Jambak Jalur VIII.

Ia menjelaskan pembagian helm sebagai langkah untuk mengedukasi masyarakat dalam Safety Riding yang salah satunya mengajak dan mewajibkan memakai helm sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) saat berkendaraan menggunakan sepeda motor, sehingga masyarakat bisa memahami aturan dalam berlalu lintas.

Angka kecelakaan di wilayah Pasaman Barat cukup tinggi, dengan adanya program 1000 helm gratis agar masyarakat dapat memahami pentingnya keselamatan saat berkendara di jalan raya menggunakan sepeda motor.

Pihaknya akan terus melakukan kegiatan pembagian helm di beberapa titik lokasi berikutnya yakni, Simpang Tiga Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo dan Kecamatan Kinali sampai berakhirnya Operasi Keselamatan Singgalang 2023.

Selama 2022 lalu sebanyak 393 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di Pasaman Barat dengan 56 orang meninggal dunia, 105 orang luka berat dan luka ringan 442 orang.