Cegah anak usia sekolah kecacingan, Pemkab Pessel adakan program pemberian obat cacing

id pemberian obat cacing pessel,berita pessel,puskesmas pessel

Cegah anak usia sekolah kecacingan, Pemkab Pessel adakan program pemberian obat cacing

ILUSTRASI -Pelajar memperlihatkan obat cacing yang dibagikan secara gratis (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/nym.)

Painan (ANTARA) - Pemberian obat cacing ini merupakan salah satu program dari Pemkab Pesisir Selatan sebagai salah satu cara penanggulangan penyakit kecacingan yang banyak menyerang anak balita, anak-anak dan sekolah dasar.

"Tujuan pemberian obat cacing ini untuk mengobati dan mencegah kecacingan yang disebabkan oleh cacing gelang, cacing tambang, cacing kremi dan cacing cambuk yang dapat menghambat pertumbuhan pada anak," ungkapnya.

Pemberian obat cacing dilakukan satu tahun 2 kali, atau enam bulan sekali, yang bertujuan untuk membebaskan atau menurunkan angka penyakit kecacingan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah melalui pemberian obat cacing terintegrasi.

"Pemberian obat cacing ini dilaksanakan di Posyandu, PAUD, TK dan SD yang berada di wilayah kerja Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan (Rahul", ujar Kepala Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris SKM, Jumat (3/2).

Ia menambahkan Puskesmas Rahul telah melaksanakan kegiatan Program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) atau lebih di kenal dengan mengkonsumsi Obat Cacing 6 bulan sekali dengan sasaran kegiatan Anak Sekolah Dasar.

Sasaran pemberian obat cacing ini adalah seluruh siswa mulai dari kelas 1-6. Sebelum pendistribusian obat petugas terlebih dahulu menjelaskan manfaat dan cara mengkonsumsi obat cacing tersebut.

Adapun penyebab penyakit ini timbul karena sanitasi lingkungan yang buruk, kebiasaan BAB sembarangan, tidak memotong kuku, kebiasaan tidak menggunakan alas kaki, dan personal hygiene yang tidak bersih dan sehat.