DPRD Agam gali potensi pajak-retribusi di perusahaan sawit

id Agam,SUmbar,DPRD

DPRD Agam gali potensi pajak-retribusi di perusahaan sawit

Pansus Pembahasan Pajak dan Retribusi Daerah DPRD Agam sedang melakukan pertemuan dengan PT AMP Plantation. (ANTARA/HO Humas DPRD Agam)

Lubukbasung (ANTARA) - Tim Pansus Pembahasan Pajak dan Retribusi Daerah DPRD Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggali potensi pajak dan retribusi di PT AMP Plantation dan PT Perkebunan Palalu Raya (PPR) dalam upaya menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat.

Ketua Pansus Pembahasan Pajak dan Retribusi Daerah DPRD Agam, Zulpardi di Lubukbasung, Minggu, mengatakan Pansus langsung mengunjungi PT AMP Plantation dan PT PPR dalam menggali potensi pajak dan retribusi di perusahaan kelapa sawit itu pada Sabtu (28/1).

"Kunjungan kerja lapangan ini dalam rangka menggali informasi tentang potensi pajak dan retribusi yang ada di PT AMP Plantation dan PT PPR," katanya.

Ia mengatakan, ini untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang muaranya nanti untuk kesejahteraan masyarakat.

Hasil dari pertemuan ini akan melahirkan produk hukum melalui Peraturan Daerah nantinya.

Ia mengakui selama ini PBB perusahaan tidak dibayarkan langsung ke rekening pemerintah daerah, melainkan ke Kementerian Keuangan melalui Ditjen Pajak.

"Hal itu jelas sangat merugikan pemerintah daerah sendiri," katanya.

Ia menambahkan, perkebunan kelapa sawit salah satu sektor yang berpotensi dalam meningkatkan pendapatan daerah melalui pajaknya.

Selain bagi perusahaan besar, perkebunan kelapa sawit juga semakin diminati masyarakat dengan banyaknya perkebunan sawit rakyat.

Sementara, Devisi Perizinan PT PPR, Rido menambahkan perusahaan itu siap memfasilitasi pembayaran PBB ke rekening pemerintah daerah apabila ada regulasinya.

"Kami siap membayar PBB ke pemerintah daerah jika ada regulasi yang mengatur tentang pembayaran pajak tersebut," katanya.

CDO-RO PT AMP Plantation Agung Sriyono Hadi mengucapkan terimakasih kepada Pansus Pembahasan Pajak dan Retribusi Daerah DPRD Agam yang telah menggunjing perusahaan itu.

"Dengan kunjungan ini maka silahturahmi terus terjaga dalam membangun Agam yang lebih baik," katanya.