Antisipasi masalah, KPU Payakumbuh dorong PPS tingkatkan pengetahuan penyelenggaraan pemilu

id KPU Payakumbuh,dorong tingkatkan kualitas,Anggota PPS,pengetahuan penyelenggaraan pemilu,berita payakumbuh,berita sumbar

Antisipasi masalah, KPU Payakumbuh dorong PPS tingkatkan pengetahuan penyelenggaraan pemilu

Anggota PPS se-Kota Payakumbuh saat dilantik oleh Ketua KPU Payakumbuh Haidi Mursal. (Antara/Akmal Saputra)

Payakumbuh, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mendorong seluruh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di daerah itu untuk terus meningkatkan kualitas, kapasitas, dan pengetahuan penyelenggaraan pemilu sehingga tidak salah langkah sebagai penyelenggara.

"Untuk mengantisipasi terjadi masalah, mari tingkatkan kualitas dan kapasitas kerja kita, banyak-banyak membaca regulasi agar tidak salah langkah sebagai penyelenggara," kata Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal di Payakumbuh. Rabu.

Sebanyak 141 anggota PPS se-Kota Payakumbuh baru saja dilantik oleh Ketua KPU Kota Payakumbuh di salah satu hotel di Bukittinggi, Selasa (24/01) sore.

Hadir pada pelantikan tersebut juga dihadiri Pemerintah Kota Payakumbuh, Polres Payakumbuh, Komisioner KPU Kota Payakumbuh, Bawaslu Kota Payakumbuh, Kakan Kesbangpol dan PPK se-Kota Payakumbuh.

Dia meminta agar seluruh anggota PPS membuktikan kalau kita semua layak sebagai penyelenggara dan jalankan amanah ini dengan profesional dan sesuai dengan regulasi yang ada.

"Bekerjalah seteliti mungkin, sehingga penyelenggaraan Pemili yang berkualitas terwujud di Payakumbuh ini," kata dia.

Ia mengatakan sangat banyak dinamika yang dihadapi mulai dari proses rekruitmen hingga pelantikan anggota PPS.

"Alhamdulillah, berkat kerja keras kita semua, insyaallah semuanya bisa dijalani dengan sukses. Terimakasih kepada semuanya atas partisipasi mulai dari tahap rekruitmen hingga terpilih dan dilantik sebagai anggota PPS," katanya.

Disebutkannya saat proses rekruitmen lebih dari 400 pelamar yang mendaftar dan setelah melalui beberapa tahapan seleksi maka terpilihlah 141 orang anggota PPS se-Kota Payakumbuh.

Sementara itu Asisten III Pemkot Payakumbuh Ifon Satria mengatakan anggota PPS yang baru saja dilantik harus bekerja dan menjalankan amanah ini sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Kami yakin, PPS terpilih adalah pribadi yang memiliki intelektual, berkompeten dan profesional. Jaga integritas dan netralitas agar kepercayaan masyarakat tetap terjaga," katanya.

Dia berharap dengan proses demokrasi yang berkualitas sehingga nantinya dapat melahirkan pemimpin dan sistem yang berkualitas bagi bangsa ini. (*)