Tekan inflasi, Pemkab Pasaman Barat dorong setiap nagari tanam bawang dan cabai

id Bupati Pasaman Barat Hamsuardi,Tekan inflasii, dorong setiap nagari tanam bawang dan cabai,berita pasaman barat,berita sumbar

Tekan inflasi, Pemkab Pasaman Barat dorong setiap nagari tanam bawang dan cabai

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi saat panen tanaman bawang di Nagari Talu, Selasa (24/1) sebagai upaya menekan laju inflasi di daerah itu. (Antara/Altas Maulana)

Simpang Empat, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mendorong setiap nagari atau desa agar menanam bawang dan cabai sebagai upaya menekan laju inflasi di daerah itu.

"Pencanangan menanam bawang dan cabai sudah kita galakkan karena saat ini ketersediaan dipasaran sangat terbatas, mempengaruhi harga bahan pokok sehingga terjadi inflasi. Untuk itu ketersediaan bawang dan cabai perlu ditingkatkan di setiap nagari," kata Bupati Pasaman Barat Hamsuardi di Simpang Empat, Rabu

Ia mencontohkan di Nagari Talu Kecamatan Talamau seandainya di nagari itu menanam cabai dan bawang serta terpenuhi kebutuhan nagari Talu, maka inflasi akan akan bisa ditekan.

Misalnya dari 2,2 ton hasil produksi bawang di lima titik di Nagari Talu, maka kebutuhan bawang di Talu atau Talamau ini bisa terpenuhi.

"Jika ketersediaan bawang dan cabai yang merupakan kebutuhan pokok banyak beredar maka harga akan stabil. Untuk itu penanaman bawang dan cabai perlu ditingkatkan di setiap nagari," ujarnya.

Ia menyebutkan pada Selasa (24/1) kemarin ia melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah pusat, membahas tentang persoalan inflasi.

Dalam rapat itu diungkapkan cabai dan bawang menjadi salah satu penyumbang inflasi di suatu daerah.

"Kita di Pasaman Barat khususnya Nagari Talu dan di nagari lainnya sudah mulai menggalakkan menaman bawang dan cabai. Kemarin juga dilakukan panen perdana di Nagari Talu," sebutnya.

Ia berharap nagari Talu terus melakukan inovasi yang sudah berjalan baik selama ini.

Selain itu, nagari juga bisa mengajak para petani untuk bekerja sama. Jika selama ini menggunakan dana desa, sekarang bisa mengembangkan dana desa menjadi lebih baik dengan berbagai inovasi.

Sementara itu, Pejabat Wali Nagari Talu Mahyudanil menjelaskan jika saat ini ada lima titik lokasi kebun bawang Nagari Talu. Diperkirakan panen 2,2 ton dari 18 ribu rumpun yang berhasil.

"Ditanam sebanyak 20 ribu rumpun dan ada yang mati beberapa rumpun diperkirakan yang siap dipanen itu sebanyak 18 ribu rumpun. Jenis bawang yang ditanam merupakan bawang super yang bagus dan premium dengan harga diperkirakan Rp40 ribu rupiah per kilogram," katanya.

Menurutnya pihaknya terus mendorong petani agar menanam bawang dan cabai. Jika tidak ada lahan yang luas maka disarankan menanam pakai pot atau kantong plastik polibag. (*)