Kemenkumham Sumbar tandatangani komitmen bangun zona integritas

id kemenkumham sumbar,zona integritas

Kemenkumham Sumbar tandatangani komitmen bangun zona integritas

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar Haris Sukamto melakukan penandatanganan komitmen bersama dalam rangka Pembangunan Zona Integritas Tahun 2023, Selasa (24/1).  (ANTARA/HO)

Padang, (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Sumbar) melakukan penandatanganan komitmen bersama dalam rangka Pembangunan Zona Integritas Tahun 2023 demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Penandatanganan zona integritas itu bukan sekedar seremonial belaka, namun wujud dari komitmen kami dalam membangun integritas di seluruh lini pelayanan publik," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar Haris Sukamto, di Padang, Selasa.

Ia mengatakan Kemenkumham sebagai perwakilan instansi vertikal di daerah bertekad mewujudkan visi serta arahan Menkumham RI Yasonna Laoly.

"Menteri Hukum dan HAM RI selalu memberi arahan agar jajaran berkinerja tinggi, memberikan pengabdian, serta menjaga diri dari perbuatan yang di luar tugas serta tanggung jawab. Ini harus menjadi pegangan bersama," katanya.

Haris menyebutkan komitmen yang sudah ditandatangani untuk membangun zona integritas harus dijaga serta diikuti oleh seluruh satuan kerja di Sumbar.

Ia mengatakan kesuksesan membangun zona integritas bergantung pada komitmen yang kuat bagi tiap-tiap individu insan pengayoman di Sumbar.

"Setiap individu diminta mematuhi segala peraturan Perundang-undangan, janji kinerja selaku Aparatur Sipil negara (ASN), serta komitmen bersama di lingkup organisasi kantor wilayah," jelasnya.

Jika komitmen itu sudah kuat, lanjutnya, maka misi untuk menjadikan kegiatan efektif, efisien dan akuntabilitas bisa tercapai yang muara akhirnya adalah peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Namun demikian, tegas Haris, segala komitmen tersebut akan tetap dibarengi dengan memaksimalkan fungsi pengawasan untuk menindak oknum yang melanggar aturan.

Pada bagian lain, acara penandatanganan komitmen bersama tersebut juga dihadiri oleh Kepala Ombudsman Sumbar Perwakilan Sumbar Yefri Hariani.

Pihaknya mendorong transformasi di berbagai bidang pelayanan yang dilakukan Kemenkumham Sumbar sehingga membantu masyarakat.