Tingkatkan kunjungan, Pemkab Pessel benahi tata kelola perpustakaan

id perpustakaan pessel,berita pessel,berita sumbar,betia painan

Tingkatkan kunjungan, Pemkab Pessel benahi tata kelola perpustakaan

Sekdakab Pesisir Selatan Mawardi Roska melantik 35 orang pejabat fungsional di daerah itu. (ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terus berupaya membenahi tata kelola perpustakaan guna meningkatkan kunjungan dan minat baca masyarakat di daerah itu.

Sekretaris Kabupaten Pesisir Selatan Mawardi Roska di Painan mengatakan untuk menumbuhkan budaya gemar membaca, pihaknya tidak saja melakukan pembenahan tata kelola perpustakaan, tapi juga mengembangkan sarana taman bacaan yang dikelola kelompok atau komunitas.

Agar keberadaan taman bacaan bisa terus berkembang dan menyentuh masyarakat di tingkat nagari, Dinas Perpustakaan dan Arsip juga mambangun jaringan dan mitra kerja dengan pemerintahan nagari.

Kemitraan ini dibangun hingga ke pengurus masjid, sekolah PAUD, Majelis Taklim dan lainnya.

Dengan masuknya kelompok dan komunitas dalam program perpustakaan diharapkan kunjungan ke perpustakaan terus meningkat, sehingga gemar membaca menjadi suatu kebiasaan masyarakat di daerah itu.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Pessel Yandes mengatakan untuk menunjang operasional, pihaknya saat ini didukung tiga unit mobil pustaka keliling.

Walaupun hanya tiga unit, namun bila dikaitkan dengan kebutuhan ideal masih bisa dikatakan memadai.

Selain membangun mitra dan jaringan, saat ini kami juga tengah menyusun berbagai program yang memiliki nilai plus dalam meningkatkan budaya gemar membaca seperti melengkapi koleksi buku.

Sebab keberadaan perpustakaan dengan berbagai bacaan yang berkualitas merupakan urusan wajib sebagaimana diterapkan oleh negara-negara maju di dunia.

"Perpustakaan memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan kecerdasan dan kualitas anak bangsa. Berdasarkan hal itu, maka keberadaan Perpustakaan dan Arsip, perlu mendapat perhatian serius," ungkapnya.

Untuk menambah daya tarik pengunjung ke perpustakaan, pihaknya juga menyediakan hotspot atau jaringan internet gratis.

Melalui sarana ini, diharapkan masyarakat semakin banyak berkunjung untuk membaca berbagai buku bacaan berkualitas disediakan.

Selain dari buku, anak sekolah dan mahasiswa dapat mencari tugas melalui jaringan internet gratis yang ada di lingkungan kantor Perpustakaan dan Arsip. (*)