Wabup dorong Kampung Zakat dan Wakaf berkembang di Pesisir Selatan

id wabup pessel,zakat pessel,berita pessel,berita sumbar

Wabup dorong Kampung Zakat dan Wakaf berkembang di Pesisir Selatan

Suasana pembukaan seminar dan peluncuran aplikasi Pessel dalam genggaman oleh Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah, di Painan, Selasa. (ANTARA/HO-Diskominfo)

Painan (ANTARA) - Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah mendorong kampung-kampung di daerah itu memiliki pengurus pengelola zakat dan wakaf tingkat kampung.

"Hari ini kita meresmikan kampung zakat dan wakaf bersama kelompok Tani Suka Maju Kampung Tanjung Gadang, Nagari Amping Parak Timur. Kita harap kampung zakat Maju Kampung Tanjung Gadang ini bisa menjadi contoh bukan hanya di Pesisir Selatan, tapi juga kabupaten/kota lainnya," katanya di Painan, Jumat.

Saat meresmikan kampung zakat dan wakaf di Kampung Tanjung Gadang, Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera itu, juga tampak hadir anggota DPR RI, Komisi VIII Lisda Hendrajoni, anggota DPRD Sumbar, Muhayatul, Kemenag Pessel Abrar Munanda dan pimpin Baznas Pessel.

Ia mengatakan, program ini salah satu contoh bagi kampung yang lain karena penyelenggara pengurus zakat dan wakaf harus terkoordinir hingga nagari maupun kampung.

"Allah tidak akan mengurangi apa yang menjadi hak kita dengan kita mengeluarkan zakat, dan wakaf tersebut, dengan adanya zakat dan wakaf Allah akan tetap melindungi apa yang kita miliki," terangnya.

Ia berharap, dengan adanya kampung zakat ini Baznas Pesisir Selatan dapat melakukan pembinaan serta pendampingan dalam pengelolaan zakat dan wakat tingkat nagari ini.

Ia mennyebutkan peran Baznas bukan hanya menyalurkan zakat yang sifatnya terkoordinir, tapi juga menyalurkan ilmu zakat ke kampung-kampung zakat.

"Dengan adanya kepengurusan kampung zakat, semoga zakat yang dikeluarkan secara ikhlas, tepat sasaran," katanya.