Panglima pastikan netralitas politik TNI

id panglima tni yudo margono,netralitas politik tni polri,presiden joko widodo,pemilu 2024,pilpres 2024,netralitas tni

Panglima pastikan netralitas politik TNI

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (tengah) bebincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) sebelum Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/1/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan siap untuk mengikuti instruksi Presiden RI Joko WIdodo (Jokowi) yang mengharuskan angkatan bersenjata itu bersikap netral menjelang Pemilu 2024.

Bahkan, Yudo mengaku bahwa netralitas politik TNI sudah menjadi salah satu komitmennya sejak ia mengikuti uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di DPR RI sebelum dilantik menjadi Panglima TNI.

"Ya sudah, kan. Waktu mulai saya fit and proper test sudah menjamin bahwa TNI harus netral. Tentunya saya akan konsisten untuk itu," kata Yudo di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) 2023, di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Panglima juga menyatakan bahwa dirinya akan menekankan kembali instruksi soal netralitas politik TNI kepada seluruh jajarannya, sebagai tindak lanjut mengantisipasi Pemilu 2024.

Yudo juga mengingatkan bahwa keberadaan Badan Intelijen Strategis TNI (BAIS) secara aktif selalu berupaya untuk mengantisipasi potensi-potensi pelanggaran netralitas politik di tubuh angkatan bersenjata tersebut.

"Ya kalau ada oknum pasti akan kami proses hukum. Kami punya perangkat hukum ada POM, ada POM TNI, ada POMAL, ada POMAD, dan POMAU. Ya sudah mekanisme hukum saja," katanya pula.

Panglima menegaskan bahwa pemantapan implementasi reformasi birokrasi TNI yang diusungnya, juga termasuk dengan penerapan penegakan hukum di dalam organisasi tersebut.

"Kalau memang kena pidana ya pidana. Jadi untuk prajurit-prajurit yang melanggar hukum tentunya pasti akan kami kenakan sanksi hukum," ujar Yudo.

Sebelumnya, dalam sambutannya saat membuka Rakornas Kepala Daerah-Forkopimda 2023, Presiden Jokowi mengingatkan agar TNI-Polri tidak terlibat politik praktis menjadi salah satu aspek penting dalam upaya menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pemilu 2024.

"Saya minta betul-betul saudara-saudara bisa menjaga situasi kondusif. Menjaga agar masyarakat kita tidak menjadi korban politik, namanya politik identitas. Dan perlu saya ingatkan TNI dan Polri tidak berpolitik praktis," kata Jokowi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Panglima TNI siap ikuti instruksi Presiden soal netralitas politik TNI