Bunga rafflesia mekar pertama di halamam rumah warga Agam

id Bunga rafflesia agam,Berita agam,Berita sumbar

Bunga rafflesia mekar pertama di halamam rumah warga Agam

Kondisi knop bunga rafflesia yang bakal mekar di halaman warga Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam. Dok Joni Hartono

Lubukbasung (ANTARA) - Satu individu bunga rafflesia jenis Arnoldii mekar pertama di halaman rumah warga Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada 2023.

Pegiat Wisata Palupuh, Joni Hartono di Lubukbasung, Rabu, mengatakan bunga rafflesia itu diperkirakan mekar sempurna pada hari pertama pada Kamis (12/1).

"Saat ini kondisi kelopak bunga itu sudah mulai terbuka dan mekar hari pertama pada Kamis (12/1)," katanya.

Ia mengatakan, bunga rafflesia itu merupakan yang pertama mekar di halaman rumah orang tuanya pada 2023.

Dengan bertambah mekar satu individu, tambahnya, setidaknya ada 24 individu mekar sempurna di halaman rumah orang tuanya semenjak 2009 sampai sekarang. Saat ini masih ada puluhan knop berbagai ukuran di lokasi itu.

"Pada awal Desember 2022 sebanyak empat individu bunga rafflesia mekar sempurna secara bersamaan dengan rentan waktu hanya lima sampai 10 hari," katanya.

Ia mengakui mulai membudidaya bunga Rafflesia di halaman rumah semenjak 2000.

Ia tergerak untuk membudidayakan bunga Rafflesia karena sering mendampingi peneliti dari negara Eropa saat riset ke kawasan Cagar Alam Batang Palupuh dengan jaraknya sekitar 500 meter dari rumahnya.

Ia mengambil inang bunga Rafflesia dan kemudian menanamnya dalam polibag. Setelah tumbuh, inang tersebut dipindahkan ke lahan perkarangan rumah orang tuanya.

Setelah inang tumbuh besar, ia menempelkan biji dari bunga Rafflesia ke inang tersebut berulang kali.

Dengan begitu, beberapa bulan kemudian muncul knop atau bonggolnya apabila inang terinfeksi.

"Saya juga menanam bunga bangkai di halaman rumah orang tua. Keberadaan bunga langka itu menjadi daya tarik wisatawan mengunjungi secara dekat," katanya.