Bupati Tanah Datar tinjau aktivitas warga di sekitaran Gunung Marapi

id gunung marapi erupsi,bupati tanah datar,eka putra

Bupati Tanah Datar tinjau aktivitas warga di sekitaran Gunung Marapi

Bupati Tanah Datar Eka Putra (dua dari kiri) tinjau aktivitas warga sekitar Gunung Marapi. (ANTARA/Etri Saputra)

​​​​​​​Batusangkar, (ANTARA) - Bupati Tanah Datar Eka Putra meninjau aktivitas warga di beberapa titik sekitar Gunung Marapi di kabupaten itu menyikapi masih tingginya aktivitas erupsi gunung tersebut pada Selasa (10/1).

Eka Putra di Batusangkar, Selasa mengimbau kepada para pendaki dan petani yang bekerja di radius tiga kilo meter dari kawah Gunung Marapi untuk menghentikan aktivitasnya terlebih dahulu.

"Saya mengimbau kepada para pendaki dan masyarakat kita terutama kepada petani untuk menghentikan dulu aktivitas dengan radius tiga kilometer dari puncak gunung," katanya.

Ia mengatakan dari hasil peninjauannya, kondisi dan situasi di sekitaran Gunung Marapi masih kondusif meski gunung dalam status waspada atau level II.

Meski Selasa pagi dia dapat laporan bahwa Gunung Marapi ada erupsi yang lebih besar dari biasanya bahkan dikabarkan sudah melontarkan material.

Menyikapi hal itu, ia memerintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengkaji dan mempersiapkan segala kemungkinan terburuk yang terjadi.

Ia memerintahkan untuk mengecek persiapan forum relawan penanggulangan bencana (FRPB) dan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) di Nagari, serta cek jalur evakuasi.

"Kalau diperlukan lakukan ronda, sehingga kalau ada kondisi yang buruk terjadi bisa segera diinformasikan ke masyarakat," ujarnya.

Ia mengaku, pada siang nanti siang pihaknya akan melakukan rapat dengan OPD terkait untuk mengantisipasi segala kemungkinan akibat erupsi Marapi tersebut.