Dua individu bunga Rafflesia mekar bersamaan di halaman warga Agam

id bunga Rafflesia agam,Berita agam,Berita sumbar

Dua individu bunga Rafflesia mekar bersamaan di halaman warga Agam

Dua individu bunga Rafflesia Arnoldii mekar sempurna secara bersamaan di halaman warga Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam. Dok Joni Hartono

Lubukbasung (ANTARA) - Sebanyak dua individu bunga Rafflesia Arnoldii mekar sempurna secara bersamaan di halaman rumah warga di Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Pegiat wisata Palupuh, Joni Hartono di Lubukbasung, Senin, mengatakan dua bunga Rafflesia yang mekar sempurna di halaman orang tuanya pada Rabu (30/11) dan Minggu (4/12).

"Individu pertama mekar sempurna hari keenam dan sudah mulai layua. Sedangkan satu individu lainnya mekar sempurna hari kedua," katanya.

Ia mengatakan, bunga Rafflesia itu mekar sempurna dengan jarak berdekatan antara individu satu dengan lainnya.

Sebelumnya, di lokasi ini juga mekar dua individu bunga Rafflesia pada Rabu (16/11) dan mekar sempurna pada Selasa (22/11).

"Sudah ada empat individu bunga Rafflesia mekar sempurna selama dua puluh hari terakhir di lokasi tersebut," katanya.

Ia mengakui mulai membudidaya bunga Rafflesia di halaman rumah semenjak 2000.

Ia tergerak untuk membudidayakan bunga Rafflesia karena sering mendampingi peneliti dari negara Eropa saat riset ke kawasan Cagar Alam Batang Palupuh dengan jaraknya sekitar 500 meter dari rumahnya.

Ia mengambil inang bunga Rafflesia dan kemudian menanamnya dalam polibag. Setelah tumbuh, inang tersebut dipindahkan ke lahan perkarangan rumah orang tuanya.

Setelah inang tumbuh besar, ia menempelkan biji dari bunga Rafflesia ke inang tersebut berulang kali.

Dengan begitu, beberapa bulan kemudian muncul knop atau bonggolnya apabila inang terinfeksi.

"Setidaknya ada 23 individu mekar sempurna di halaman rumah orang tuanya semenjak 2009 sampai sekarang. Saat ini masih ada 20 knop berbagai ukuran di lokasi," katanya.