Tiga kegiatan wisata unggulan Pariaman pada 2023

id Berita pariaman

Tiga kegiatan wisata unggulan Pariaman pada 2023

Ribuan wisatawan terlihat menyaksikan dan mengabadikan dengan telepon genggam proses pembuangan tabuik ke laut pada pelaksanaan  Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022 di Pariaman. (Antara/Aadiat MS)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan tiga kegiatan wisata unggulan dari 26 kegiatan yang akan dilaksanakan di daerah itu pada 2023.

"Ada tiga besar kegiatan wisata yaitu Pariaman International Triathlon 2023, Tabuik, dan Pariaman Berlari," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Sabtu.

Ia menjelaskan terkait dengan tiga kegiatan wisata unggulan tersebut yaitu Pariaman International Triathlon 2023 merupakan kegiatan wisata olahraga yang sudah tiga tahun tidak dapat dilaksanakan akibat pandemi COVID-19.

Padahal, lanjutnya kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai atlet profesional internasional sedangkan untuk fun triathlon diikuti oleh kelompok pencintanya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Lalu untuk Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023 merupakan kegiatan yang dapat mendatangkan banyak wisatawan bahkan pada pelaksanaan 2022 diikuti sekitar 200 ribu orang.

"200 ribu orang yang datang, semuanya tertib dan aman," katanya.

Sedangkan Pariaman Berlari mampu mendatangkan banyak wisatawan yang memiliki hobi lari. Wisatawan tersebut, lanjutnya tidak saja berasal dari dalam Sumbar namun juga sejumlah daerah di Indonesia.

Menurutnya ketiga kegiatan wisata unggulan tersebut mampu mengangkat kunjungan dan perekonomian warga selain dari 23 kegiatan lainnya.

Jadwal pelaksanaan ketiga kegiatan tersebut yaitu Pariaman International Triathlon 2023 dilaksanakan Juni, Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023 dilaksanakan Juli, dan Pariaman Berlari dilaksanakan September.

Sebelumnya Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menjadwalkan 26 kegiatan wisata pada 2023 guna menarik kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional ke daerah itu.

"Jumlah kegiatan itu khusus untuk pariwisata saja, kegiatan lainnya seperti kegiatan olahraga juga akan dilaksanakan di Pariaman," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat Peluncuran Calender of Event Wisata dan Sinkronisasi Calender of Event kabupaten dan kota se-Sumbar di Pariaman.