Pentingnya Diversifikasi Produk pada UMKM

id Bilih 7 muaro, diversifikasi produk

Pentingnya Diversifikasi Produk pada UMKM

Beragam produk bisa dihadirkan dari bahan utama yang sama (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha milik perorangan. Produk yang dihasilkan oleh UMKM juga beragam sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Produk yang telah diproduksi akan dilakukan pemasaran agar dapat dijangkau lebih luas oleh masyarakat. Kelemahan dari suatu usaha yang tidak berkembang secara baik dan berkelanjutan adalah menghasilkan produk yang monoton tanpa ada pembaharuan.

Hal ini mengakibatkan adanya kebosanan dari konsumen. Oleh karena itu, dibutuhkan produk baru untuk meningkatkan kualitas penjualan.

Produk baru merupakan salah satu kunci untuk pengembangan penjualan suatu usaha. Seorang pelaku usaha harus mempertimbangkan manfaat produk yang ditawarkan kepada konsumen sehingga produk tersebut dapat meningkatkan hasil penjualan.

Produk yang bervariasi memberikan banyak pilihan kepada konsumen sehingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sedang dijalankan dapat menarik minat dari konsumen.

Diversifikasi produk merupakan suatu usaha untuk melakukan pembaharuan pada produk baik itu produk yang telah ada atau produk yang belum ada dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Suatu produk yang dihasilkan oleh unit usaha baik itu secara perorangan atau dikelola oleh badan usaha tentunya dihasilkan berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Masyarakat sebagai konsumen yang akan menentukan produk apa yang mereka beli sesuai kebutuhannya. Saat ini persaingan pasar sangat banyak, selain persaingan antar perusahaan, badan usaha maupun UMKM yang telah banyak berkembang di masyarakat.

Keberlangsungan suatu usaha ditentukan oleh pendapatan yang dihasilkan oleh usaha tersebut sehingga dari pendapatan dapat menghasilkan produk selanjutnya dengan keuntungan yang telah ditetapkan dari produk. Suatu badan usaha tentunya harus bisa menarik minat konsumen terhadap produknya, tidak hanya dalam jangka waktu sementara.

Masyarakat sebagai konsumen tentunya akan merasa bosan jika produk yang mereka beli sama saja atau bersaing dengan badan usaha lain yang memiliki produk sama dengan kualitas berbeda. Oleh karena itu harus ada inovasi atau pembaharuan terhadap produk yang ada.

Produk dengan jenis yang sama akan memiliki persaingan yang tinggi. Suatu badan usaha terutama UMKM yang bergerak dalam skala kecil tentunya harus bisa bersaing dengan usaha lain dengan lebih menonjolkan produk yang mereka hasilkan. Persaingan yang tinggi, maka suatu badan usaha tentunya harus melakukan diversifikasi produk.

Diversifikasi produk membutuhkan adanya inovasi terbaru dari produk tersebut. Diversifikasi dapat dilakukan dengan cara memberikan keanekaragaman pada hasil produk yang dipasarkan. Seperti yang dilakukan oleh UMKM Bilih 7 Buaro, saat ini telah banyak variasi produk olahan ikan bilih goreng yang dihasilkan seperti ikan bilih crispy, crispy pedas, redang ikan bilih, redang bilih dan kerupuk ikan bilih.

Variasi produk akan menghasilkan produk baru dengan bahan utama yang sama dan hasil produk yang beragam. Keberagaman produk dapat juga dilakukan dengan membedakan desain kemasan pada masing-masing produk.

Keberagaman inilah yang akan menarik minat konsumen dalam membeli produk tersebut baik itu dari segi rasa maupun tampilan produk yang dihasilkan.

Strategi keberagaman kemasan produk juga telah dilakukan oleh UMKM Bilih 7 Muaro, masing-masing produk telah memiliki warna kemasan tersendiri sehingga akan menjadi penciri produk tersebut.

Suatu UMKM harus bisa menetapkan strategi dalam menjalankan usahanya. Diversifikasi produk merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran produk yang mempunyai peranan penting dan mampu mempengaruhi keputusan konsumen atau pembeli.

Diversifikasi produk mampu meningkatkan minat konsumen dalam berbelanja menggunakan prinsip keberagaman produk. Diversifikasi produk selain memperhatikan jumlah produk yang dihasilkan tentunya juga harus menjaga kualitas produk. Adanya diversifikasi akan memberikan keutungan yang semakin meningkat dalam usaha tersebut.

Pentingnya pemahaman mengenai pengembangan produk yang beragam dan berkualitas sesuai kebutuhan konsumen sangat perlu ditingkatkan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar kegiatan usaha tersebut dapat terus berlanjut. Diverifikasi produk memberikan salah satu solusi kepada pelaku usaha agar dapat menambah nilai jual dari produknya.

Peran dari pemerintah untuk dapat memberikan edukasi dan pelatihan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengenai pentingnya diverifikasi produk sangat diperlukan. Hal ini disebabkan, masih banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini yang belum memahami proses penganekaraman produk sesuai dengan ketersediaan produk dan kebutuhan konsumen. Ketika produk tersebut terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen, maka UMKM diharapkan dapat berjalan secara berkelanjutan.*

*Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2023