Pemkab Agam gelar operasi pasar murah tekan inflasi

id Pemkab Agam,Berita agam,Berita sumbar,Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam,operasi pasar murah agam

Pemkab Agam gelar operasi pasar murah tekan inflasi

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Rosa Deswira. (Antara/Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat bakal menggelar operasi pasar murah di 16 kecamatan dengan menyediakan 6.400 paket untuk menekan lanjut pertumbuhan inflasi di daerah itu.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Rosa Deswira di Lubukbasung, Senin, mengatakan operasi pasar murah itu digelar di kantor camat, kantor KAN dan Pasia Tiku pada 30 November sampai 21 Desember 2022.

"Kita menyediakan 400 paket setiap kecamatan dan pelaksanaan sesuai jadwal yang telah disusun," katanya.

Ia mengatakan, satu paket itu berisikan beras sebanyak lima kilogram, minyak goreng dua liter, telur ayam satu papan, bawang merah satu kilogram, cabai merah setengah kilogram.

Sedangkan total beras disediakan 32 ton, bawang merah 6,4 ton, cabai merah 3,2 ton, minyak goreng 12.800 liter, telur ayam 6.400 papan atau 192.000 butir.

Satu paket di subsidi sebesar Rp65 ribu atau Rp145 ribu harga tebus dari harga sebenarnya Rp210 ribu per paket dan harga sesuai kondisi.

"Subsidi itu berasal dari APBD 2022 dengan dana Rp416 juta," katanya.

Operasi pasar itu bekerjasama dengan Bulog. Bulog harus mengambil kebutuhan itu dari petani dan pedagang di Agam, dalam memberdayakan petani dan peternak di daerah itu.

"Kita telah melakukan pertemuan dengan Bulog untuk membahas ini. Kita juga melakukan pertemuan dengan instansi terkait," katanya.

Ia mengakui, operasi pasar murah itu dalam rangka untuk mengendalikan harga bahan kebutuhan pokok di daerah itu.

Ini mengingat bahwa bahan kebutuhan pokok yang disediakan itu merupakan penyumbang inflasi, karena harga cukup tinggi.

"Operasi pasar murah itu untuk menekan lanjut pertumbuhan inflasi," katanya.

Saat ini harga minyak goreng kemasan Rp17 ribu per liter, harga cabai merah Rp40 ribu per kilogram, harga bawang merah Rp30 ribu per kilogram, harga telur ayam ras Rp54 ribu per papan dan beras Rp17 ribu per kilogram.