Gubernur Sumbar serahkan bantuan 1,3 ton rendang untuk korban gempa Cianjur

id rendang,cianjur,berita padang, berita sumbar

Gubernur Sumbar serahkan bantuan 1,3 ton rendang untuk korban gempa Cianjur

Gubernur Sumbar Mahyeldi serahkan bantuan rendang untuk korban gempa Cianjur. (ANTARA/Dokumentasi Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menyerahkan secara langsung bantuan rendang sebanyak 1,3 ton kepada Bupati Cianjur, Erman Suherman untuk disalurkan pada masyarakat terdampak gempa.

“Sebagian rendang yang sudah terkumpul dari BUMN, BUMD, OPD Pemprov Sumbar dan perusahaan swasta kita serahkan langsung pada bupati. Sebagian lagi masih dalam perjalanan," katanya dihubungi dari Padang, Jumat.

Ia berharap bantuan rendang tersebut dapat membantu meringankan beban korban gempa di Cianjur yang saat ini masih di pengungsian.

Mahyeldi menyebut dari hasil tinjauan dampak kerusakan yang cukup parah dan banyaknya timbul korban jiwa di Cianjur karena rumah penduduk di lokasi gempa tersebut cukup padat dan jaraknya pun berdekatan.

Dalam kunjungan tersebut, selain meninjau korban gempa, Mahyeldi juga bertemu dengan Perantau Minang yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang (IKM) di Cianjur untuk mendapatkan informasi terkait kondisi mereka di perantauan.

Saat bertemu dengan IKM, Mahyeldi menerima kabar duka. Satu keluarga Anggota IKM ikut menjadi korban gempa.

“Ada warga IKM kena musibah. Satu keluarga, istri dan dua orang anaknya meninggal dalam bencana tersebut," ujarnya.

Beruntung IKM di Jawa Barat sangat kompak dan solid untuk saling membantu dan menguatkan korban gempa di Cianjur.

Mahyeldi mengatakan, melalui IKM yang juga melibatkan IKM tingkat kecamatan, dilakukan pendataan Perantau Minang yang terdampak gempa. Data tersebut nantinya akan menjadi perhatian Pemprov Sumbar untuk membantunya.

“Masyarakat Minang yang jadi korban gempa di Cianjur akan menjadi perhatian kita nantinya. Kita yakin mereka juga ada yang punya toko, warung dan ikut terkena musibah. Sekarang yang prioritas itu memenuhi kebutuhan di lapangan untuk masa darurat,” katanya.

Ikut dalam kunjungan tersebut anggota Baznas Provinsi Sumbar. Baznas ini nantinya diharapkan bisa membantu perantau yang terkena musibah.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban meninggal gempa Cianjur bertambah satu orang menjadi 272 orang.

Sementara itu, jumlah korban luka-luka hingga Kamis sore ini mencapai 2.046 orang sedangkan jumlah pengungsi sebanyak 62.545 orang.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2023