Gubernur Sumbar sampaikan bela sungkawa musibah gempa Cianjur

id Cianjur,gempa cianjur

Gubernur Sumbar sampaikan bela sungkawa musibah gempa Cianjur

Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (ANTARA/Dokumentasi Diskominfotik Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyampaikan belasungkawa dari masyarakat provinsi itu atas musibah gempa Magnitudo 5,6 yang melanda Cianjur, Jawa Barat pada pukul 13.31 WIB.

"Kami ikut merasakan duka mendalam atas musibah gempa Cianjur," katanya dihubungi dari Padang, Senin.

Ia mengatakan sebagai daerah rawan bencana, termasuk gempa, masyarakat Sumbar sangat memahami kesulitan yang dihadapi korban pascabencana.

"Kami mendoakan agar masyarakat Cianjur terutama yang menjadi korban bisa kuat menghadapi cobaan ini," ujarnya.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumbar, Jumaidi menyebut pihaknya sudah mengkoordinasikan pengumpulan bantuan berupa rendang yang akan dikirimkan untuk membantu meringankan beban korban gempa di Cianjur.

"Kita berharap bantuan ini bisa terkumpul secepatnya untuk dikirimkan ke lokasi bencana," katanya.

Bantuan rendang menjadi salah satu bentuk kepedulian masyarakat Sumbar terhadap saudaranya yang tertimpa musibah di berbagai daerah di Indonesia.

Bantuan berupa kuliner khas Ranah Minang tersebut tidak hanya kali ini dikumpulkan untuk membantu korban bencana. Sumbar telah berulang kali mengirimkan bantuan serupa untuk daerah bencana pada tahun-tahun sebelumnya.

Dikutip dari IG resmi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, gempa di Cianjur menghancurkan banyak sekali bangunan. Sampai pukul 16.00 WIB terdapat 46 korban jiwa dan 700-an korban luka.

Hingga pukul 19.27 WIB tercatat telah terjadi 25 kali gempa susulan hingga warga tetap diminta waspada.***3***