BPBD Padang tangani dua bencana tanah longsor

id BPBD Padang,tanah longsor padang,Berita sumbar

BPBD Padang tangani dua bencana tanah longsor

Bencana longsor di jalan leter S tugu, RT 03, RW 03 Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Rabu (16/11). (ANTARA/HO-BPBD PADANG)

Padang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) membersihkan material longsor yang terjadi di dua lokasi pada Rabu (16/11) akibat hujan yang mengguyur kota setempat dari siang hingga sore hari.

"Hujan yang turun dalam durasi lama menyebabkan tanah longsor di dua lokasi, personel BPBD beserta insan kebencanaan sudah dikerahkan le lokasi untuk membersihkan material longsor," jelas Kepala Pelaksana BPBD Padang Endrizal, di Padang, Rabu.

Ia mengatakan longsor terjadi di leter S tugu, RT 03, RW 03 Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Akibatnya material longsor menutupi sebahagian badan jalan menuju ke Sungai Pisang, sehingga mengganggu akses transportasi warga.

Selain itu longsor juga terjadi di RT 01 RW 01 Teluk Bayur, Kelurahan Gates Nan XX, Lubu Begalung, dimana material longsor mengancam satu unit rumah warga.

"Pengerjaan material longsor sudah dilaksanakan oleh petugas supaya akses jalan masyarakat tidak terganggu, dan tidak membahayakan warga," jelasnya.

Ia mengatakan di tengah kondisi cuaca dimana hujan berlangsung lama, BPBD Padang telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi serta menangani bencana.

"Kami sudah menyiagakan personel serta berkoordinasi dengan instansi terkait dalam penyediaan alat berat jika sewaktu-waktu dibutuhkan," jelasnya.

Ia mengatakan untuk dukungan alat berat tersebut pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Balai Jalan milik Kementerian Pekerjaan Umum, dan PT Semen Padang.

Pada bagian lain, hingga pukul 17.30 WIB BPBD Padang masih menyiagakan sekitar 60 personel demi mengantisipasi kejadian bencana.

"Puluhan personel kami siagakan mengingat kondisi cuaca yang masih hujan, kami mengimbau warga untuk tetap hati-hati hingga malam nanti," jelasnya.