Terundur dua tahun Penas Tani Nelayan XVI digelar 2023 di Padang

id Penas Tani Nelayan XVI,Berita sumbar,Berita padang

Terundur dua tahun Penas Tani Nelayan XVI digelar 2023 di Padang

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Setelah tertunda selama dua tahun akibat pandemi COVID-19 pelaksanaan Pekan Nasional Tani dan Nelayan XVI akan digelar pada 10-15 Juni 2023 dipusatkan di Lanud Sutan Syahrir Padang.

"Awalnya Penas Tani XVI digelar pada 20-25 Juni 2020, namun karena pandemi diundur jadi 4-9 Juni 2022, tetapi karena pandemi belum reda akhirnya diputuskan dilaksanakan pada 10-15 Juni 2023," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat di Padang, Rabu

Menurut dia semua kegiatan Penas Petani Nelayan ke XVI 2023 dipusatkan di Lanud Sutan Sjahrir Tabing berlokasi sekitar 10 kilometer dari pusat kota dengan luas area 84,20 hektare.

"Lanud Sutan Sjahrir dipilih karena lokasinya luas dan cukup strategis termasuk akan digunakan landasan pacu untuk pameran," kata dia.

Kegiatan ini mengambil tema Memantapkan Penguatan Potensi Dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045.

Ia menyampaikan terdapat sejumlah agenda pada kegiatan itu yang sudah disiapkan yaitu pembukaan dan penutupan, temu wicara dengan Presiden RI dan pejabat negara serta pemberian penghargaan dan hadiah lomba.

Kemudian ada acara rembuk madya dan rembuk utama, temu profesi, temu petani ASEAN dan mitra, hingga temu sukses petani dan penyuluh.

Lalu akan ada pameran pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan, pameran aquaculture, pameran agroforestry, expo dan kontes peternakan nasional, lomba stand, pengembangan digitalisasi dan jaringan informasi agribisnis.

Berikutnya, temu usaha agribisnis, temu bisnis tanaman pangan dan hortikultura, temu bisnis bidang perkebunan, temu bisnis bidang peternakan, temu bisnis bidang kelautan dan perikanan serta temu bisnis bidang kehutanan.

Pada bidang agribisnis akan ada gelar dan temu teknologi, temu karya, karya wirausaha petani nelayan, peragaan, unjuk tangkas dan asah terampil.

Lalu akan ada studi banding, widyawisata dan pagelaran seni budaya.

Penas Tani Nelayan 2023 akan dihadiri petani dan nelayan dari seluruh Indonesia termasuk gubernur, bupati dan wali kota.

Syahrial menambahkan untuk penginapan peserta disiapkan di rumah warga tersebar di empat kecamatan yaitu Kuranji, Koto Tangah, Nanggalo dan Padang Utara.

"Sedangkan untuk tamu lainnya telah disiapkan di hotel yang ada di Padang," kata dia.

Penas Tani Nelayan merupakan forum pertemuan yang telah berlangsung sejak 1971, dan menjadi bagian yang strategis dalam upaya membangun kesepahaman diantara berbagai pemangku kepentingan sektor pertanian maupun perikanan.

Untuk mendukung pelaksanaan Penas Tani Nelayan 2023 Pemkot Padang telah menyiapkan anggaran Rp6 miliar untuk persiapan lokasi, keamanan, acara kesenian, pameran, pelayanan tamu, hingga pelayanan kesehatan.

Ia menambahkan Pemerintah Kota Padang juga telah menyiapkan 4.205 rumah untuk penginapan peserta dengan daya tampung 48.785 orang.