Upaya tekan inflasi, Pemkab Pasbar gelar bazar dan pasar murah bantu warga

id Pemkab Pasbar,Inflansi Pasaman Barat,Bazar Pasaman Barat

Upaya tekan inflasi, Pemkab Pasbar gelar bazar dan pasar murah bantu warga

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto saat memantau bazar dan pasar murah untuk tekan inflasi dan membatu warga peroleh sembako murah. (Antara/Altas Maulana). 

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) bekerjasama dengan Bulog Cabang Bukittinggi menyelenggarakan bazar dan pasar murah dalam rangka menekan laju inflasi di daerah itu.

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto di Simpang Empat, Selasa mengatakan kegiatan bazar dan pasar murah dilaksanakan pada bulan November hingga Desember itu dimulai di tiga titik pertama yakni di halaman Masjid Nurul Iman Kampung Cubadak Kecamatan Pasaman, Kantor Camat Kinali dan Simpang Kantor Camat Kecamatan Luhak Nan Duo.

Menurutnya kegiatan tersebut bertujuan untuk menekan laju inflasi daerah di Pasaman Barat. Selain itu, juga untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan bahan pokok murah.

"Harga bahan pokok yang kita sediakan lebih murah dibanding harga pasar, seperti beras yang berbeda Rp3.000 per kilogramnya. Kegiatan ini kita laksanakan merata di 11 kecamatan dan dibagi dalam tiga titik," sebutnya.

Ia mengatakan target penjualan pasar murah disesuaikan dengan jumlah penduduk pada kecamatan yang dituju.

Ia menjelaskan tiga titik lokasi disetiap kecamatan akan membantu meratakan penyebaran sembako murah untuk masyarakat setiap kecamatan.

Ia juga menambahkan, animo masyarakat cukup tinggi dengan adanya bazar dan pasar murah dari Pemkab Pasaman Barat dan Bulog Cabang Bukittinggi itu.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pasaman Barat Fahrein mengatakan pelaksanaan kegiatan bazar dan pasar murah tersebut menjual bahan pokok seperti gula, minyak goreng, telur ayam, beras IR-64 (10 kilogram), beras IR-64 (5 kilogram), beras IR-42 (5 kilogram) dan lainnya.

"Untuk tahap pertama ini beras kita sediakan lima ton, minyak 800 kilogram, gula 800 kilogram, dan telur 200 papan," ujarnya.

Salah seorang pengunjung pasar murah Loli (39) mengatakan sangat terbantu dengan adanya pasar murah di Kampung Cubadak itu.

Ia berharap, kegiatan tersebut rutin digelar karena sangat membantu warga dengan harga yang lebih murah dari harga di pasaran.