Baznas Agam salurkan ZIS Rp172,85 juta untuk 75 mustahik

id Baznas Agam,Berita agam,Berita sumbar

Baznas Agam salurkan ZIS Rp172,85 juta untuk 75 mustahik

Bupati Agam Andri Warman dan Ketua Baznas Agam bersama penerima zakat. (Antara/HO-Dok Humas Pemkab Agam)

Padang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyalurkan zakat, infak dan sedekah sebesar Rp171,85 juta bagi 75 mustahik atau orang berhak menerimanya pada program Agam Makmur.

Ketua Baznas Agam, Isman Imran di Lubukbasung, Kamis, mengatakan 75 mustahik itu tersebar di enam kecamatan di Agam wilayah barat.

"Sebelumnya kita juga mrnyalurkan zakat bagi 102 mustahik tersebar pada10 kecamatan di Agam wilayah timur," katanya.

Ia mengatakan, zakat yang disalurkan merupakan program Agam Makmur untuk berbagai usaha seperti dagang harian, pertanian, peternakan dan usaha lainnya.

Mustahik itu juga dapat pembinaan dari organisasi perangkat daerah sesuai usaha yang akan mereka kembangkan.

"Ini dalam rangka mereka mempunyai manajemen dalam menjalankan usahannya," katanya.

Sementara Bupati Agam, Andri Warman berharap zakat ini bisa dimanfaatkan dengan baik, untuk menunjang ekonomi keluarga.

Zakat tersebut, tambahnya, betul-betul dimanfaatkan sesuai kebutuhan yang diusulkan pada Baznas Agam. Bukan untuk keperluan lain yang tidak terlalu penting.

“Jangan dilihat nominalnya, tapi syukuri apa yang diterima. Insya Allah, jika itu dilakukan zakat jadi berkah,” katanya.

Ia menambahkan, zakat ini adalah dana umat yang dikelola Baznas Agam dan disalurkan pada masyarakat tergolong asnaf delapan.

Untuk itu, zakat ini disalurkan betul-betul pada mereka yang berhak menerima, sehingga harus diseleksi agar penyaluran zakat tepat sasaran.

“Manfaatkan zakat ini dengan baik, semoga usaha yang dijalankan berkembang dan mampu meningkatkan perekonomian ke depan,” katanya.