Pemkab Pessel alokasikan pembelian exavotor mini untuk kelompok tani

id Alsintan,excavator, pertanian pesisir selatan,kelompok tani, penyuluh

Pemkab Pessel alokasikan pembelian exavotor mini untuk kelompok tani

Bupati Rusma Yul Anwar didampingi Kadis Pertanian Pesisir Selatan menyerahkan Alsinta kepada kelompok tani di daerah itu. (ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) -

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus mencarikan solusi bagi petani daerah itu dalam menggarap lahan sawah, salah satunya mengalokasikan anggaran pembelian excavator mini untuk kelompok petani sehingga bisa lebih murah biasa produksi.

"Pemkab membeli dua unit excavator mini, besaran anggaran senilai Rp1,59 miliar yang bersumber dari APBD 2022,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pessel Madrianto seperti dirilis website resmi Pesisir Selatan, Senin.

Excavator dengan merek Pindad Excava 55 tersebut, nantinya akan diserahkan kepada dua kelompok tani di dua kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Dua kelompok tani itu, yakni Bukik Buai di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dan Bakti Makmur Sejahtera di Kecamatan Pancung Soal," sebutnya.

Terkait operator excavator, kata dia, anggota keltan dan staf di Dinas Pertanian akan akan dilatih oleh pihak penyedia, mulai dari cara operasional alat, perawatan, hingga perbaikan ringan.

Ia menjelaskan, persyaratan bagi kelompok tani penerima harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan, yaknin harus punya akta notaris, dan masuk (terdaftar) di Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (Simluhtan).

Melalui sistem Simluhtan --sistem informasi berbasis web-- yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian, karena melalui sistem itu pemerintah kabupaten/kota, provinsi, dan pusat, dapat menilai layak atau tidak layak kelompok tersebut menerima bantuan.

"Saya berharap dengan bantuan alat ini, petani bisa terbantu dalam menggarap lahan sawah/ladang. Dan, pastinya berimbas ke hasil panen yang bagus nantinya,” harap Madrianto.