Bupati targetkan Agam jadi daerah kunjungan wisata utama di Sumbar

id Agam,Sumbar,Padang

Bupati targetkan Agam jadi daerah kunjungan wisata utama di Sumbar

Bupati Agam Andri Warman sedang melihatkan piaga penghargaan. Dok Diskominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Bupati Agam, Sumatera Barat Andri Warman menargetkan kabupaten itu menjadi daerah kunjungan wisata utama di provinsi tersebut karena memiliki destinasi wisata yang terlengkap mulai dari gunung, laut, danau dan alam yang indah.

“Kami berkeinginan akan menjadikan Agam sebagai daerah kunjungan wisata utama di Sumbar,” katanya saat melepas ratusan peserta Event Pariwisata Minang Geopark Cycling Etape 2 di Lawang Park, Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Minggu.

Ia mengatakan Agam memiliki potensi wisata alam yang terlengkap di Sumbar. Di Agam, memiliki objek wisata gunung di Kecamatan Sungaipua, Canduang dan Ampekkoto.

Sedangkan objek wisata sungai berada di Kecamatan Baso, Lubukbasung dan lainnya. Sementara Danau Maninjau berada di Kecamatan Tanjungraya.

Selain itu objek wisata pantai Tiku Kecamatan Tanjungmutiara dan objek wisata alam di Kecamatan Matur dan Ampekkoto.

"Objek wisata itu sudah menjadi kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara," katanya.

Pihaknya akan berpartisipasi aktif dalam mengembangkan pariwisata di Sumbar

Untuk itu, mendukung penuh program gubernur dalam memajukan pariwisata di Sumbar, khususnya Agam.

Event Pariwisata Minang Geopark Cycling Etape 2 diikuti ratusan peserta dari 110 klub yang berasal dari Sumbar, maupun provinsi tetangga.

Ia merasa bangga karena Agam sangat diperhatikan, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi, terutama dalam kegiatan pariwisata.

“Mudah-mudahan pandemi COVID-19 ini segera berakhir, dan semoga kegiatan Minang Geopark Cycling ini menjadi salah satu faktor pendorong peningkatan wisatawan pada saat tahun kunjungan Visit Beautiful West Sumatera 2023 (VBWS 2023) nantinya, sebagaimana disampaikan Pak Gubernur,” katanya.