PSSI Sumbar undur kick off Liga 3 zona Sumbar 12 hari

id Sumbar,Liga 3, PSSI

PSSI Sumbar undur kick off Liga 3 zona Sumbar 12 hari

Ketua panitia pertandingan Liga 3 Zona Sumbar, Yulius Dede (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumbar resmi mengundur jadwal kick off Liga 3 Zona Sumbar selama 12 hari yang awalnya 10 Oktober menjadi 22 Oktober 2022 sebagai bentuk empati terhadap tragedi meninggalnya 125 orang dan ratusan luka-luka di Stadion Kanjuruhan Malang.

"Awalnya sesuai pertemuan teknis dengan klub dan menyepakati 10 Oktober namun melihat situasi saat ini kita lakukan pengunduran jadwal menjadi 22 Oktober,"kata dia Ketua Panitia Liga 3 Zona Sumbar Yulius Dede Padang,Rabu.

Menurut dia pengunduran jadwal itu berdasarkan surat bernomor 121/A-SB/X/2022 tentang pengunduran jadwal Liga 3 Sumatera Barat yang ditandatangani Sekretaris Asprov PSSI Sumbar Hendra Dupa.

Pengambilan keputusan ini berdasarkan rapat terbatas Komite Exco Asprov PSSI Sumbar melihat Surat PSSI Nomor 4034/UDN/2608/X-2022 serta rapat dengan Direktorat Intelkam Polda Sumbar maka PSSI Sumbar mengundur pelaksanaan hingga pekan ketiga Oktober 2022.

"Ini memang harus dilakukan sebagai rasa empati kita untuk keluarga korban dan duka cita terhadap persoalan yang terjadi,"kata dia.

Ia mengatakan Liga 3 ini merupakan kompetisi amatir dan PSSI pusat menetapkan kompetisi ini harus berakhir pada Desember 2022 dan dilanjutkan babak nasional pada Januari 2023.

"Kita masih ada waktu dua bulan dan siapkan jadwal agar kompetisi ini berjalan sesuai aturan," kata dia.

Begitu juga untuk Piala Soeratin kelompok Umur U-17 dan U-15 serta U-13 harus selesai di tingkat Sumbar pada Desember nanti.

Untuk Liga 3 Sumbar pihaknya telah melakukan rapat teknis dan membagi 21 tim di empat grup sehingga tinggal melaksanakan kegiatan tersebut.

"Untuk pembukaan kita akan menunggu arahan dan kondisi dari Ketua PSSI Sumbar,Polda Sumbar dan pihak lainnya," kata dia.

Sementara itu untuk pelaksanaan Piala Soeratin,Asprov PSSI Sumbar akan melakukan rapat teknis dengan calon peserta pada Sabtu (8/10).

"Rapat teknis akan kita lakukan untuk menentukan sistem kompetisi dan lainnya. Kita berharap kompetisi terus berjalan dengan baik," kata dia.