Kompetisi Liga 3 zona Sumbar 2022 diikuti 21 tim sepakbola

id Liga 3 Sumbar,Liga 3,Sumbar,Padang

Kompetisi Liga 3 zona Sumbar 2022 diikuti 21 tim sepakbola

Ketua Panitia Liga 3 zona Sumbar Yulius Dede (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Ketua panitia kompetisi Liga 3 zona Sumatera Barat Yulius Dede menyebutkan kompetisi tahun ini akan diikuti 21 tim sepakbola yang menjadi anggota Asprov PSSI Sumbar dan akan digulirkan pada 10 Oktober 2022.

"Kita sudah menggelar pertemuan teknik dan hasilnya seluruh tim dibagi dalam empat grup. Ada empat venue yang kita siapkan menggelar pertandingan ini," kata dia di Padang, Minggu.

Ia mengatakan empat venue pertandingan tersebut adalah Stadion Ahmad Karim Tigo Nagari Pasaman Barat, Stadion H. Ilyas Yacoub Painan Kabupaten Pesisir Selatan,Stadion Singa Harau, Salilamak Kabupaten Lima Puluh Kota dan Stadion Mini Persikatim, Sikapak Timur Kota Pariaman.

Pertandingan sendiri akan digelar dengan sistem setengah kompetisi di babak penyisihan grup dan dua tim di masing-masing grup akan lolos ke babak delapan besar.

Di babak delapan besar akan dibuat dua grup dengan sistem setengah kompetisi dan akhirnya dua tim di masing-masing grup akan maju ke babak semifinal. Juara grup akan berhadapan dengan runner up grup di masing-masing grup dengan sistem gugur di babak semifinal.

Lalu ada dua tim terbaik yang akan memperebutkan juara 1 dan runner up serta peringkat ketiga di kompetisi musim ini. Pihaknya akan berupaya agar ada tiga tim yang nantinya mewakili Sumatera Barat lolos ke Liga 3 Nasional.

"Melihat jumlah tim serta jumlah pertandingan di kompetisi ini kita optimistis untuk hal tersebut," kata dia.

Dalam menjaga kualitas kompetisi, pihaknya akan menugaskan 83 perangkat pertandingan di seluruh kompetisi ini dan mengantongi lisensi C1 dan C2. Mereka ini ada yang sudah bertugas di Liga 1 dan di Liga 2, ini memang menjadi perhatian agar kualitas kompetisi ini semakin membaik.

"Total ada 61 kali pertandingan dalam Liga 3 Zona Sumbar 2022," katanya.

Pembagian grup Liga 3 zona Sumbar 2022 ini mulai dari Grup A yang ditempati tuan rumah PSKPS Pasaman, Persiku Sijunjung, PSBB Batusangkar, PSPP Padang Panjang, PSP Padang dan PSKB Bukittinggi yang akan digelar di Stadion Ahmad Karim, Tigo Nagari Pasaman Barat.

Untuk Grup B yang digelar di Stadion Singa Harau, Salilamak Kabupaten Lima Puluh Kota ditempati PES Pessel, Gumarang FNKB, PS. Machcudum's, Persepak Payakumbuh dan Persepar Pariaman. Kemudian Grup C ditempati lima tim yakni tuan rumah Gasliko 50 Kota, GMR FC Tanah Datar, Kompak Kampung Pisang, PS. Pasbar dan PS Dharmasraya.

Terakhir di Grup D yang digelar Stadion Mini Persikatim, Sikapak Timur Kota Pariaman ditempati tuan rumah Persikopa Kota Pariaman, KLA-Dentis FC, Batang Anai FC, Absolute FC dan Sukur FC.