Begini cara PLN UP3 Payakumbuh siap siaga dukung keandalan jaringan di musim hujan

id PLN, latihan, jaringan

Begini cara PLN UP3 Payakumbuh siap siaga dukung keandalan jaringan di musim hujan

Tim PLN UP3 Payalumbuh gelar latihan sebagai dukungan untuk menjaga keandalan jaringan di musim hujan. (ANTARA/HO-PLN)

Payakumbuh (ANTARA) - Memasuki musim hujan PT PLN (Persero) Unit Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh mengadakan simulasi Pelatihan Tanggap Darurat Pencarian dan Penyelamatan atau yang lebih dikenal Search and rescue (SAR) Teknik Pertolongan Di Air (Water Rescue) di Sarasah Tanggo, Sarilamak, Kec. Harau, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Bekerjasama dengan BASARNAS Lima Puluh Kota dan Palang Merah Indonesia, (PMI) Lima Puluh Kota, PLN UP3 Payakumbuh menghadirkan 35 peserta yang terdiri dari Manager UP3 Payakumbuh, Manager Bagian serta beberapa pegawai pada 27 September 2022.

Manager PLN UP3 Payakumbuh Wilsriza menuturkan latar belakang dari kegiatan simulasi ini adalah untuk membekali pegawai dengan pemahaman dalam kondisi tanggap darurat air sehingga siap sedia dalam kondisi apapun khususnya dalam menjaga keandalan pasokan listrik.

“Simulasi ini menambah ilmu dan pembekalan bagi seluruh partisipan, membangun budaya siaga, aman dan mengurangi risiko dalam menghadapi keadaan darurat. Kami jadi mengenal peralatan alat bantu dalam hal penyelematan di air, dan dapat pula mengoperasikannya. Terima kasih kepada Basarnas yang telah membantu upaya ini,” ujarnya.

Wilsriza berharap kegiatan ini dapat meningkatkan ketangkasan dan keamanan bagi Tim PLN UP3 Payakumbuh dalam menjaga keandalan listrik seraya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini telah sesuai dengan standar yang ditetapkan ketika melakukan operasi penyelamatan.

"Kami berkoordinasi dengan Basarnas yang memang berkompetensi di bidang tsb, kami sangat terima kasih pelaksanaan ini sangat baik, tingkat koordinasi juga sangat bagus sehingga hasilnya sangat dipahami oleh peserta yang notabene adalah pegawai PLN UP3 Payakumbuh. Kegiatan ini meningkatkan keterampilan dan kemampuan untuk bertindak dalam situasi darurat, karena hal tersebut sangat penting untuk menjaga keandalan sistem jaringan PLN dalam dengan kondisi cuaca yang sudah memasuki musim hujan seperti saat ini,”katanya lagi.

Dalam kesempatan tersebut Basarnas Kabupaten lima Puluh Kota mengenalkan berbagai unsur dalam penyelamatan kondisi gawat darurat di air, mulai dari standar operasional prosedur (SOP) ketika melakukan penyelamatan saat terjadi kecelakaan khususnya di perairan, hingga langkah, lanjutannya.

Tim PLN UP3 Payalumbuh gelar latihan sebagai dukungan untuk menjaga keandalan jaringan di musim hujan. (ANTARA/HO-PLN)


Ketua Kordinator Basarnas Lima Puluh Kota, Robby Saputra mengatakan latihan SAR AIR ini merupakan langkah tepat yang diambil PLN mengingat saat ini sudah masuk musim hujan sehingga penting bagi pegawai untuk memahami langkah yang tepat dalam kondisi darurat sehingga peserta dapat mengamankan diri sekaligus juga mengamankan jaringan untuk menjaga keandalan listrik.

"Latihan ini adalah untuk melatih mental sekaligus membekali pegawai PLN dengan pemahaman simulasi terjadinya kecelakaan di air, sekaligus upaya penyelamatan sesuai dengan SOP yang telah kami sampaikan. Semoga langkah ini dapat memberikan gambaran tentang pentingnya pembekalan ilmu penyelamatan khusunya di Air," katanya.*