Gelar latihan Dalmas, Polres Solok Selatan pastikan kesiapsiagaan personel hadapi unjuk rasa

id polres solok selatan,latihan dalmas,ujnjuk rasa

Gelar latihan Dalmas, Polres Solok Selatan pastikan kesiapsiagaan personel hadapi unjuk rasa

Latihan Dalmas Polres Solok Selatan, Sumatera Barat, Rabu (28/9) (ANTARA/HO-Humas Polres Solok Selatan)

Padang Aro (ANTARA) - Kapolres Solok Selatan, Sumatera Barat, AKBP Arief Mukti Adhi Sabhara, memastikan kesiapsiagaan serta fisik personel dalam pengendalian massa jika terjadi unjuk rasa dengan mengelar latihan Dalmas di halaman Makopolres setempat di Golden Arm, Rabu.

Arief Mukti Adhi Sabhara di Padang Aro, Rabu mengatakan Polri merupakan garda terdepan dalam pengamanan kegiatan aksi unjuk rasa, sehingga setiap personel wajib memiliki kemampuan dan pengetahuan gerakan Dalmas.

"Setiap personel wajib memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam pengendalian massa apabila situasi kontinjensi dimana aksi unjuk rasa anarkis ataupun chaos (kekacau balauan) dan jangan pernah underestimate (meremehkan) situasi," katanya.

Untuk itu, katanya, masing-masing personel harus mampu memahami Perkap No.16 tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa, serta tahapan-tahapan yang terdapat pada Pasal 22 tentang cara bertindak pada Dalmas untuk situasi hijau, Pasal 23 untuk situasi kuning dan Pasal 24 untuk situasi merah.

Selain itu, katanya menambahkan, setiap anggota Polri harus dapat mengendalikan "anger management" atau belajar mengenali tanda-tanda pada diri saat anda marah dan mengambil tindakan yang "sehat" dalam meluapkan kemarahan dan dapat memahami psikologi massa pada saat terjadinya unjuk rasa.

Diakhir penyampaiannya, AKBP Arief Mukti mengucapkan terimakasih kepada seluruh personel yang melakukan kegiatan latihan pada saat ini.

Ia berharap dengan adanya simulasi SISPAMKOTA yang dilaksanakan pada saat ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman sehingga situasi kamtibmas yang kondusif dapat tercipta di wilayah hukum Polres Solok Selatan pada saat kontinjensi, Pemilu serta Pilkada pada tahun 2024 mendatang.

Pelatihan dengan menggunakan perlengkapan tameng, tongkat serta peralatan Dalmas lainnya, tersebut dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Solok Selatan AKP Dony Rinaldy. (*)