Mendikbud : mahasiswa baru Unand kini lebih leluasa belajar sesuai minat

id Mendikbud,Nadiem Makarim ,Pkkmb unand,Berita sumbar,Berita padang

Mendikbud : mahasiswa baru  Unand kini lebih leluasa belajar sesuai minat

Tangkapan layar Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Unand di Padang, Selasa. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mengemukakan para mahasiswa baru Universitas Andalas (Unand) yang baru saja di terima di perguruan tinggi dan akan memulai perkuliahan akan lebih leluasa belajar sesuai dengan minat yang dimiliki.

"Apalagi sudah ada program merdeka belajar kampus merdeka yang berjalan dua tahun diikuti ratusan ribu mahasiswa di seluruh Indonesia," kata Nadiem di Padang, Selasa.

Ia menyampaikan hal itu pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dibingkai dalam rangkaian kegiatan Bimbingan Aktivitas Kampus dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) mahasiswa Unand 2022 secara daring.

Ia meyakini para mahasiswa baru tidak mau melewatkan kesempatan merasakan keseruan belajar di luar kampus mulai dari magang, studi independen, melakukan proyek riset, kemanusiaan hingga kewirausahaan, mengajar di daerah 3T sampai ikut pertukaran mahasiswa di dalam dan luar negeri.

Menurut dia selain program belajar di luar kampus pada program merdeka belajar kampus merdeka pihaknya juga mengundang para pakar untuk masuk ke kampus melalui program praktisi mengajar yang diluncurkan tahun ini.

"Para ahli ini akan datang ke kampus membagikan pengetahuan dan pengalaman yang tentunya akan menjadi inspirasi bagi para mahasiswa," ujarnya.

Ia menyakini lewat program merdeka belajar kampus merdeka akan mampu menggali minat dan bakat para mahasiswa dan penting untuk membantu dalam menentukan karir ke depan.

"Bekerja pada bidang yang sesuai minat adalah salah satu kesempatan hidup yang amat berharga dan saya ingin semua mahasiswa di Indonesia mendapatkan itu," ujarnya.

Ia berharap mahasiswa baru tidak menyia-nyiakan peluang emas ini dengan mencari tahu sebanyak mungkin informasi seputar program merdeka belajar kampus merdeka.

"Ingatlah akan menjadi siapa kita di masa depan ditentukan oleh apa yang dilakukan sekarang," katanya berpesan.

Sementara Rektor Unand Prof Yuliandri menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru yang merupakan putra-putri terbaik bangsa.

Ia menyebutkan total mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 7.208 orang.

Rektor menyampaikan Kegiatan Bakti 2022 mengambil tema “Menuju Generasi Unggul yang Terkemuka dan Bermartabat melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

"Ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di Universitas Andalas," kata dia.