Presiden Jokowi pimpin upacara HUT Ke-76 Bhayangkara di Semarang

id HUT Bhayangkara,Presiden,Joko Widodo,Polri,Inspektur Upacara

Presiden Jokowi pimpin upacara HUT Ke-76 Bhayangkara di Semarang

Tangkapan layar Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam HUT Ke-76 Korps Bhayangkara yang dipusatkan di Kampus Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, yang disaksikan secara virtual, Selasa (5/7/2022). ANTARA/Mentari D Gayati

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam HUT Ke-76 Bhayangkara yang dipusatkan di Kampus Akademi Kepolisian, di kawasan Candi, Semarang, Jawa Tengah, Selasa.

Ia hadir berbusana pakaian sipil lengkap, berupa jas biru tua lengkap dengan peci, dan didampingi Ibu Iriana yang berbalut busana berwarna putih dengan kerudung warna senada, serta selendang batik bernuansa coklat.

Kedatangan dia disambut langsung oleh Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Listyo S Prabowo. Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya. Adapun komandan upacara yang bertugas ialah Komisaris Besar Polisi Muhamad Erwin.

Setelah itu, Jokowi meninjau pasukan Upacara dengan menaiki mobil patroli sambil diiringi lagu Maju Tak Gentar oleh pasukan marching band. Ia juga menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya kepada tiga polisi.

Upacara HUT Ke-76 Korps Bhayangkara ini melibatkan 1.996 personel yang terdiri atas unsur Polri, TNI, dan eksponen masyarakat. Peringatan HUT Kepolisian Indonesia 2022 mengangkat tema "Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Tangguh-Indonesia Tumbuh".

Selain upacara, acara diisi dengan berbagai atraksi dan pertunjukan, mulai atraksi tari kolosal dipadukan dengan terjun bebas oleh personel TNI dan Polri, terbang lintas helikopter dan penampilan marching band Pelopor Cenderawasih dari Taruna Akademi Kepolisian.

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Festival Hari Bhayangkara Ke-76 yang menampilkan Ekspo Alat Material Khusus Kepolisian Indonesia, pasar rakyat, lomba mural, dan lomba musik musisi jalanan.

Pesta rakyat dilaksanakan di Lapangan Taruna Bhayangkara. Adapun stan terdiri atas enam area, di antaranya UMKM, kuliner rakyat, pasar murah, vaksinasi booster presisi, pengobatan gratis, permainan anak, dan hiburan rakyat.

Acara ini terbuka untuk umum dan masyarakat yang hadir diwajibkan mengenakan masker, serta menaati protokol kesehatan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden pimpin upacara HUT Ke-76 Bhayangkara di Semarang