Pohon tumbang melintangi jalan, arus lalu lintas dua nagari di Lubukbasung terganggu

id pohon tumbang,bpbd agam,agam,sumbar

Pohon tumbang melintangi jalan, arus lalu lintas dua nagari di Lubukbasung terganggu

Satgas BPBD Agam sedang membersihkan material pohon menimpa badan jalan, Kamis (30/6). (ANTARA/HO-Dok BPBD Agam)

​​​​​​​Lubukbasung, (ANTARA) - Sebanyak dua titik jalan di Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat tertutup pohon tumbang akibat curah hujan cukup tinggi disertai angin kencang melanda daerah itu pada Kamis (30/6) sekitar pukul 00.37 WIB yang mengakibatkan arus lalu lintas terganggu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito di Lubukbasung, Kamis, mengatakan pohon tumbang terjadi di Jorong Batang Piarau, Nagari Kampung Pinang, Kecamatan Lubukbasung pada pukul 00.37 WIB dan Jorong IV Surabayo, Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung pada pukul 04.30 WIB.

"Jalan ditutupi pohon kelapa dan pohon alpokat, sehingga akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan," katanya.

BPBD Agam menurunkan Satgas untuk membersihkan material pohon menimpa badan jalan menggunakan mesin pemotong kayu. Satgas BPBD Agam berhasil membersihkan material pohon menimpa badan jalan di Jorong Batang Piarau pada pukul 00.37 WIB.

Sedangkan material pohon di Jorong IV Surabayo selesai dibersihkan pada pukul 06.37 WIB. "Jalan sudah bisa dilalui kendaraan dan arus transportasi kembali normal," katanya.

Ia mengatakan, pohon tumbang itu akibat curah hujan cukup tinggi disertai angin kencang melanda daerah itu. Pohon tumbang hanya menimpa badan jalan dan tidak ada korban akibat kejadian itu.

Pihaknya mengimbau warga dan pengguna jalan untuk meningkatkan kewaspadaan saat curah hujan tinggi itu. "Tingkatkan kewaspadaan dengan cara mencari lokasi lebih aman saat angin kencang melanda daerah itu," katanya. (*)