Agam ikuti tahapan verifikasi lapangan KLA

id Kabupaten Layak Anak ,Pemkab agam,Berita agam,Berita sumbar

Agam ikuti tahapan verifikasi lapangan KLA

Bupati Agam Andri Warman menyerahkan cendra mata ke ketua tim. (Antara/HO-Dok Diskominfo Agam)

Lubukbasung (ANTARA) - Tim penilai dan tim independen evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) pusat melakukan verifikasi lapangan ke Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (29/6).

Kedatangan tim penilai yang dipimpin Sekretaris Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Maydian Werdiastuti, disambut Bupati Agam, Andri Warman bersama Ketua TP-PKK Agam Ny. Yenni Andri Warman didampingi Kepala Dinas Kependudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Agam, Surya Wendri beserta kepala OPD terkait.

Ketua Tim Penilai Kabupaten Layak Anak, Maydian Werdiastuti di Lubukbasung, Rabu, mengatakan kegiatan verifikasi lapangan KLA bertujuan untuk melihat sejauh mana kabupaten dan kota telah melakukan pemenuhan hak anak atau perlindungan anak yang ada.

"Hari ini kita langsung ke Agam untuk melihat pemenuhan hak anak atau perlindungan anak yang ada," katanya.

Ia mengatakan, ini merupakan penilaian tahap ke tiga untuk melihat kesesuaian data yang ada di lapangan.

Sementara Bupati Agam Andri Warman, menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada tim penilai dan tim independen evaluasi Kabupaten Layak Anak.

"Saya berharap verifikasi evaluasi Kabupaten Layak Anak dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Ia memaparkan bahwa upaya percepatan Kabupaten Layak Anak telah dilaksanakan mulai dari sarana prasarana ramah anak.

Setelah itu, mendorong terwujudnya pusat informasi sahabat anak, bidang kesehatan dan seluruh Puskesmas harus menjadi ramah anak.

"Kita terus memfasilitasi kegiatan forum anak daerah serta melibatkan forum anak dalam setiap proses perencanaan pembangunan daerah," katanya.

Ia menambahkan, ini tindak lanjut dari komitmen Pemkab Agam, sehingga pada tahun ini melalui Dinas Kependudukan KB PP dan PA Agam yang didukung berbagai pihak, mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, dan beberapa sekolah, Agam sudah menjadi ramah anak.

"Harapan kita, tahun ini bisa naik dari kategori pratama pada 2021 menjadi utama tahun ini," katanya.