Mantan Ketua KONI Solsel dorong Sumbar miliki atlet dari setiap jenjang pendidikan

id dprd sumbar,olahraga sumbar,mario syah johan,solok selatan

Mantan Ketua KONI Solsel dorong Sumbar miliki atlet dari setiap jenjang pendidikan

Anggota DPRD Sumbar Mario Syah Johan menyerahkan piala kepada salah satu pemenang dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pencak Silat yang digelar di Gelora Energy Supreme Energy di Kabupaten Solok Selatan. (ANTARA/HO)

Padang Aro (ANTARA) - Anggota DPRD Sumatera Barat Mario Syah Johan mendorong Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat melalui pengurus provinsi mau pun pengurus cabang untuk memiliki dan membina atlet dari setiap jenjang pendidikan guna mencapai target prestasi "Sumbar Emas".

"Kita perlu adanya pendidikan olahraga sejak usia dini. Kita harus punya atlet di setiap tingkatan mulai dari SD, SMP, dan SMA dan harus dibina secara berkelanjutan. Setelah mereka matang, nanti baru diikutkan ke training centre (TC) atau pemusatan latihan," katanya saat dihubungi dari Padang Aro, Kamis.

Ia mengusulkan agar ada pemusatan latihan di luar daerah bagi atlet andalan Sumatera Barat. Dirinya di Komisi V DPRD Sumatera Barat akan membicarakan teknisnya dengan Dinas Pemuda dan Olahraga setempat.

"Fokusnya TC di luar daerah untuk seluruh atlet andalan Sumbar. Tujuan TC ini untuk melatih mental dan kematangan teknik para atlet dengan bertanding di luar daerah," kata politisi Partai Gerindra ini.

Ia juga mendorong para atlet untuk rajin berlatih, salah satunya dengan mengasah dirinya dengan mengikuti banyak kejuaraan baik kejuaraan daerah maupun kejuaraan tingkat nasional.

Sebagai mantan ketua KONI Solok Selatan, imbuhnya dirinya merasa terpanggil dengan menggelar kejuaraan daerah melalui anggaran pokok pikiran, yakni kejuaraan daerah pencak silat yang digelar di Gelora Energy Sumpreme Energy, Kabupaten Solok Selatan pada 19 hingga 22 Juni 2022.

Pada PON di Papua yang lalu, pencak silat Sumbar hanya mampu menduduki peringat ke 15. Sementara pencak silat merupakan tradisi di Ranah Minang dan salah satu olahraga andalan Sumbar dalam meraih prestasi di kancah nasional.

Ia berharap dengan latihan yang keras dan mengikuti banyak kejuaraan akan mengasah kemampuan dan mental atlet sehingga bisa bersinar di kancah nasional, salah satunya Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Kami tentunya memiliki harapan agar Sumbar bisa memperbaiki prestasi di PON 2024," katanya.

Ia mengatakan, tahun depan Sumbar agar menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dengan tuan rumah Panjang Panjang dan Padang, yang merupakan ajang untuk menjaring atlet-atlet berbakat yang akan dipersiapkan dalam menghadapi PON Aceh dan Sumut 2024.
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2022