Untuk pertama kalinya, Kapolres Bukittinggi akan dijabat oleh Polwan

id Tugu Polwan Bukittinggi,berita bukittinggi,bukittinggi terkini,berita sumbar

Untuk pertama kalinya, Kapolres Bukittinggi akan dijabat oleh Polwan

Tugu Polwan Bukittinggi. (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi, (ANTARA) - Kapolres Kota Bukittinggi Sumatera Barat segera berganti, menariknya pengganti pimpinan tertinggi kepolisian di Kota Wisata itu diserahkan kepada seorang Polisi Wanita (Polwan) yang merupakan sejarah untuk pertama kalinya.

Dari dokumentasi yang ada di Markas Polres Bukittinggi, hingga kini telah ada 30 Kapolres Bukittinggi yang memimpin di daerah Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Kapolres pertama saat itu dijabat oleh Letkol Pol Drs MY.Pinem pada 1971 hingga 1975 yang masih berstatus sebagai Kapolres Agam.

Hingga pergantian Kapolres yang ke-16, AKBP Drs. Sukrawardi Dahlan baru disebut sebagai Kapolres Bukittinggi pada periode 1999 hingga 2001.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu di Padang membenarkan mutasi tersebut benar.

"Benar, ada Pejabat Utama dan beberapa Kapolres yang tour of duty, tour of area," kata Satake, Kamis.

Penggantian pejabat utama Polda Sumatera Barat dan sejumlah Kapolres di Sumatera Barat diganti sesuai dengan mutasi di lingkungan Polri melalui Surat Telegram Kapolri tertanggal 20 Juni 2022 melalui Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1214/VI/KEP./2022 dan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1215/VI/KEP./2022.

Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara digantikan AKBP Wahyuni Sri Lestari, sementara AKBP Dody pindah tugas sebagai Kabag Ada Rolog Polda Sumbar.

Wahyuni Sri Lestari merupakan Kapolres ke-31 yang segera dilakukan penyerahterimaan di Mapolres setempat.

Sebelumnya, Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) Polri dan Pakor Polwan Republik Indonesia, Brigjen Pol Apriastini Bhaktibugiansri telah menyatakan harapannya nantinya ada Kapolres dari Polwan yang ditugaskan di Bukittinggi.

"Keputusan jabatan memang dari perintah dan kebijakan pimpinan Polri, namun kita harap dan minta doanya bersama semoga ke depannya nanti ada Polwan yang menjadi Kapolres di Bukittinggi, karena di daerah ini jugalah sejarah cikal bakal lahirnya Polwan RI," kata Apriastini.

Jabatan yang turut diganti itu adalah posisi Kabid Humas Polda Sumbar, Kapolres Solok Kota, Kapolres Bukittinggi, Kapolres Padang Panjang, Kapolres Pesisir Selatan, Kapolres Limapuluh Kota, Kapolres Sawahlunto dan Kapolres Pesisir Selatan.

Untuk jabatan Kabid Humas Polda Sumbar yang sebelumnya ditempati Kombes Pol Satake Bayu akan digantikan Kombes Pol Dwi Sulistyawan, S.Ik yang menjabat Auditor Kepolisian Madya Tingkat III Itwasda Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu dipindahkan sebagai Kabid Humas Polda Bali.

Polres Bukittinggi dalam beberapa waktu terakhir telah menorehkan prestasi besar dengan salah satunya pengungkapan kasus narkotika terbesar di Sumatera dengan jumlah barang bukti sabu-sabu 41,4 kilogram bernilai Rp 62,1 miliar. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2022